Forgot Password Register

Headlines

ICW Nilai AHY dan Logistik Jadi Alasan Prabowo Pilih Sandiaga

Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno (Ilustrasi: Pantau.com/Fery Heryadi) Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno (Ilustrasi: Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com - Koalisi poros Prabowo Subianto dinilai kekurangan logistik untuk bertarung di Pilpres 2019. Hal itu pun yang disinyalir menjadi alasan koalisi oposisi memilih Sandiaga Uno sebagai bakal cawapres Prabowo. 

"Kubu Prabowo keliatan persoalannya adalah keluar dari persoalan logistik. Maka keluarlah nama-nama yang bisa memberikan bantuan logistik. Keluar nama Pak Sandiaga," kata Direktur Eksekutif Lingkar Madani Ray Rangkuti saat diskusi Forum Populi di Slipi, Jakarta Selatan, Kamis (16/8/2018). 

Baca juga: Roy Suryo Tegaskan Demokrat Solid Dukung Prabowo-Sandiaga

Pernyataan tersebut juga didukung oleh aktivis ICW Donal Fariz. Ditemui di diskusi yang sama, Donal menilai keputusan koalisi oposisi menggaet Sandiaga menjadi cawapres juga berdasarkan hitungan politik antara Gerindra, PAN, dan PKS. 

Menurut Donal, ketiga parpol tersebut khawatir jika putra mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang juga kader Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) digandeng menjadi bakal cawapres Prabowo. Lantaran hal itu bisa saja berdampak hingga Pilpres 2024. 

"Imajinasinya, kalau Prabowo terpilih (jadi presiden) dan AHY menjadi wapres, bisa dibayangkan AHY sudah lebih maju dibanding kader Gerindra, PAN, dan PKS," paparnya. 

Baca juga: Prabowo-Sandiaga Sowan ke PBNU

Jika hanya persoalan logistik, menurut Donal, Sandiaga bukan satu-satunya solusi yang dimiliki koalisi oposisi. 

"Apa iya yang punya logistik cuma Sandi? Pak SBY itu 10 tahun loh memimpin. Saya yakin SBY punya uang dan banyak duitnya. Dua periode loh berkuasa," ucapnya.

Namun yang dilihat oleh Gerindra, PAN, dan PKS memang untuk jangka panjang hingga Pilpres 2024 mendatang. Apalagi pada 2024 SBY bisa diprediksi sudah bisa jauh bicara soal logistik politik. 

"Di 2024, kita imajinasikan, bisa saja AHY jadi capres dengan kendaraan sendiri. Jadi panjang sekali kontestasi politik yang bisa dilakukan AHY. Itu juga jadi rasionalitas mereka," pungkasnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More