Forgot Password Register

Imbas Kerusuhan Suku, Pemerintah Matikan Jaringan Internet

Imbas Kerusuhan Suku, Pemerintah Matikan Jaringan Internet Ilustrasi kerusuhan Ethiopia. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Pemerintah Ethiopia mematikan Internet di kawasan timur negara tersebut setelah adanya kerusuhan HAM.

Warga dari wilayah Oromia dan kota Harar, yang dimintai keterangannya secara terpisah, mengatakan tidak bisa mengakses Internet sejak tiga hari lalu.

Sementara itu, Juru Bicara pemerintah Ethiopia Ahmed Shide belum menanggapi permintaan kepastian terkait pemblokiran Internet itu yang pertama kali dilaporkan pada Selasa oleh lembaga pembela hak digital, Access Now.

Baca juga: Viral! Kampus Kedokteran Jepang Curangi Perempuan Selama 1 Dekade

Gelombang kekerasan mulai terjadi sejak Sabtu di Jijiga, ibu kota provinsi Somali, saat massa menjarah harta pribadi milik kelompok suku kecil. Empat orang tewas ditembak pasukan keamanan.

Pemerintah pusat menuding pejabat daerah sengaja memprovokasi kekerasan komunal itu.

Warga di Oromia dan Harar mengaku khawatir kekerasan itu akan meluas menjalar dari Region Somali ke bagian lain di kawasan timur Ethiopia.

Baca juga: Kata Presiden Korea Selatan Soal Gempa Lombok 7 SR

Mengingat balas dendam etnis adalah salah satu sebab pergolakan di negara tersebut selama tiga tahun sebelum Perdana Menteri Hailemariam Desalegn mengundurkan diri pada Februari lalu.

Sejak menggantikan Desalegn pada April, Perdana Menteri Abiy Ahmed mencoba mulai membangun perekonomian di negara berpenduduk 100 juta tersebut. Namun, kekerasan suku, yang belum berhenti, menjadi tantangan besar baginya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More