Pantau Flash
Sri Mulyani Klaim Kenaikan Cukai Rokok untuk Sebuah Keseimbangan
Jojo Terhenti di Babak Pertama China Open 2019
Donald Trump Klaim AS Capai Kesepakatan Perdagangan dengan Jepang
Setelah Presiden World Bank, Kali Ini Presiden ADB Mengundurkan Diri
Ledakan Bom Tewaskan 24 Orang Dekat Kampanye Presiden Afghanistan Ashraf

Imbas Perang Dagang, China Mulai Kurangi Impor Emas Hingga 500 Ton

Headline
Imbas Perang Dagang, China Mulai Kurangi Impor Emas Hingga 500 Ton Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - China sudah membatasi dengan ketat impor emas sejak Mei. Dikutip Reuters, langkah itu mungkin bertujuan untuk mencegah arus keluar dolar dan memperkuat mata uang Yuan di tengah melemahnya pertumbuhan ekonomi.

Negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia itu sudah mengurangi impor sebanyak 300-500 ton, menurut para sumber yang tidak diungkap identitasnya karena mereka tidak punya wewenang berbicara ke media.

Pembatasan-pembatasan itu muncul setelah konflik dagang dengan AS yang terus memanas telah membuat laju ekonomi China melambat hingga ke level terlemah dalam hampir tiga dekade dan menekan yuan hingga ke titik terendah sejak 2008.

Baca juga: Catatan Kekayaan Menurun, Miliarder Hong Kong Ajak Warga Akhiri Unjuk Rasa

China adalah pengimpor emas terbesar di dunia dengan membeli 1.500 ton logam mulia senilai AS$60 miliar tahun lalu, menurut data Bea Cukai China–setara dengan sepertiga pasokan emas dunia.

Konsumsi emas China untuk perhiasan, emas batangan dan koin investasi, meningkat tiga kali lipat dalam dua dasawarsa terakhir seiring dengan peningkatan kesejahteraan negara Tirai Bambu itu. Cadangan emas resmi China naik lima kali lipat mencapai hampir 2.000 ton, menurut data resmi pemerintah.

Menurut data bea cukai China, negara itu mengimpor 575 ton emas pada enam bulan pertama tahun ini, turun dari 883 ton pada periode yang sama 2018.

Baca juga: 5 Fakta Mengejutkan Bioskop XXI TIM Tutup Permanen

Sebagian besar impor emas China yang berasal dari Swiss, Australia, dan Afrika Selatan dan biasanya dibayar dalam dolar. Impor biasanya dilakukan oleh sebuah kelompok yang beranggotakan bank-bank internasional dan lokal yang mendapat kuota impor bulanan dari bank sentral China. Tapi kuota impor sudah dibatasi atau tidak dikeluarkan sama sekali selama beberapa bulan, menurut tujuh sumber di industri logam mulia di London, Hong Kong, Singapura, dan China.

"Tidak ada kuota impor yang dikeluarkan sekarang di China," kata satu sumber. 

Pada Juni dan Juli bank-bank tidak mengimpor sama sekali, kata para sumber. Bank sentral China tidak merespon permintaan untuk komentar yang dikirim secara tertulis.

Share this Post:
Tim Pantau
Penulis
Nani Suherni
Category
Ekonomi

Berita Terkait:



Komentar

  1. ⁣Cukup 1 user ID saja Anda bisa bermain di semua game QQH pasaran bola yang di dukung 3 provider sportbook ternama di Indonesia. Ayo dan Buruan Bermain di QQHariancom dengan Modal kecil bisa dapat jutaan rupiah. Bergabung dan Bermain bersama QQH menang berapapun kami bayar langsung. Dan bagi yang kalah Don't worry akan kami ganti dengan BONUS WELCOME CASHBACK 100%. Tak hanya itu guys bonus yang kami berikan juga ada BONUS SPECIAL. - Bonus New Member Up to 1 Jt - Bonus Next Deposit Up to 2 Jt x-x - Bonus Loyality (Hadir) - Bonus Weekly (Rolling & Cashback) - Bonus Refferal 5% per Game dan seumur hidup. Anda Menang, Kami Bayar. Anda Kalah, Kami Ganti.!!! QQHarian Memberikan Pelayanan cepat & aman.!, Proses DP\/WD ( max. 3 menit ) , siap melayani 24 jam Nonstop.! Untuk info lebih lanjut bisa hub cs kami di livechat\/Wa : 63 9954825268 | Kode Referal :8FE83FDE