Forgot Password Register

Headlines

IMF Sebut Ada Risiko dari Kemajuan Perekonomian Global

IMF Sebut Ada Risiko dari Kemajuan Perekonomian Global  Direktur Pelaksana Dana Moneter (IMF), Christin Lagarde, Presiden Joko Widodo dan Presiden World Bank Group Jim Yong Kim (Foto: Antara/ICom/AM IMF - WBG/Wisnu Widiantoro)

Pantau.com - Direktur Pelaksana Dana Moneter (IMF), Christine Lagarde mengaku bahwa saat ini perekonomian global maju begitu pesat, tapi hal ini tidak berlaku secara merata. Bahkan pertumbuhan di beberapa negara justru membuat dampak perekonomian baru bagi negara berkembang.

"Beberapa risiko mulai mewujudkan risiko-risiko terhadap stabilitas ekonomi dan kesejahteraan," ungkap Lagarde dalam agenda pembukaan IMF-WB 2018 di Bali, Jumat (12/10/2018).

Baca juga: Muncul Game Of Thrones di Pidato Jokowi yang Kejutkan Peserta IMF-WB

Ia menjelaskan bahwa dalam beberapa hari ini pihaknya mengikuti agenda IMF-WB, ada sejumlah tantangan yang menciptakan dua dimensi baru. Dimana dimensi pertama ini biasa dikenall dengan lapisan moneter, fiskal, dan keuangan dari interaksi-interaksi ekonomi antar negara.

Baca juga: Siapa Mother of Dragon dalam Siklus Perekomonian yang Disebut Jokowi?

Kemudian dimensi kedua adalah ketimpangan (inequality), teknologi (technology), dan keberlanjutan (sustainability). Kedua dimensi ini sifatnya makro-krisis.  Kedua dimensi ini bersifat makro-kritis.

"Dalam menghadapi masalah-masalah ini, kebijakan-kebijakan domestik yang baik, tentu saja, adalah penting. Namun mengarungi lanskap baru ini memerlukan kerja sama internasional—suatu kerja sama yang berbeda dari sebelumnya," tuturnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More