Forgot Password Register

Headlines

Indonesia Dibayangi Rekor Buruk Kontra Singapura

Indonesia Dibayangi Rekor Buruk Kontra Singapura Timnas Indonesia. (Foto: Antara)

Pantau.com - Timnas Indonesia akan menghadapi Singapura pada partai perdana babak penyisihan Grup B Piala AFF 2018 di Stadion Nasional, Singapura, Jumat (9/11/2018) malam WIB. Menghadapi The Lions, skuad Merah Putih tengah dibayangi rekor buruk.

Timnas Indonesia hanya mampu meraih dua kemenangan dari delapan pertemuan kontra Singapura. Sementara itu, The Lions empat kali sukses memecundangi Timnas Garuda sedangkan tiga laga sisanya berakhir imbang.

Kemenangan pertama Singapura atas Indonesia terjadi di ajang Piala AFF 1998 (dulu Piala Tiger). Pada pertandingan yang berlangsung di Vietnam, Singapura menang dengan skor akhir 2-1 lewat gol Rafi Ali dan Nazri Nasir. Sementara gol Indonesia dicetak gol Miro Baldo Bento.

Pertemuan kedua Indonesia kontra Singapura terjadi pada ajang Piala AFF 2004. Bertemu di babak fase grup, kedua tim hanya mampu bermain imbang 0-0.

Khusus di 2004, Indonesia vs Singapura bertemu sebanhyak tiga kali. Selain partai fase grup di atas, Indonesia kembali bertemu Singapura pada partai final yang berformat kandang tandang.

Singapura yang lebih dulu menjamu Indonesia berhasil meraih kemenangan dengan skor telak 3-1. Ketiga gol tuan rumah dicetak oleh Daniel Bannet, Khairul Amri, dan Agu Casmir. Sedangkan gol tunggal Indonesia dicetak melalui tendangan bebas Mahyadi Penggabean.

Sementara itu, meski berhasil meraih kemenangan 3-1, Singapura ternyata tidak melepas partai kedua final Piala AFF 2004. The Lions kembali memenangkan pertandingan dengan skor 2-1.

Indonesia kembali bertemu Singapura di Piala AFF 2007. Bertemu di babak penyisihan Grup B, kali ini kedua tim harus bermain imbang 2-2.

Kedua tim lagi-lagi bertemu di babak penyisihan Grup A Piala AFF 2008. Kali ini Indonesia yang menjadi tuan rumah ternyata gagal memanfaatkan dukungan suporter yang hadir. Gol Baihakki Khaizan dan Shi Jiayi memaksa Indonesia takluk dengan skor 0-2.

Tidak pernah menang dalam 6 pertemuan beruntun, membuat Indonesia mulai berbenah. Hasilnya, Timnas Indonesia akhirnya sukses meraih kemenangan perdana atas Singapura di Piala AFF 2012. Saat itu, Merah Putih menang bergat gol tunggal Andik Vermansah dari tendangan bebas.

Tuah manis Indonesia kembali berlanjut di Piala AFF 2016 lalu. Sempat tertinggal Khairul Amri, Indonesia yang saat itu diasuh Alfred Riedl berhasil bangkit lewat gol Andik Vermansah dan Stefano Lilipaly.

Berikut head-to-head Indonesia vs Singapura:

Indonesia vs Singapura (1-2, semifinal Piala AFF 1998)

Indonesia vs Singapura (0-0, babak penyisihan grupPiala AFF 2004)

Indonesia vs Singapura (1-3, final Piala AFF 2004)

Indonesia vs Singapura (1-2, final Piala AFF 2004)

Indonesia vs Singapura (2-2 babak penyisihan grup Piala AFF 2007)

Indonesia vs Singapura (0-2 babak penyisihan grup Piala AFF 2008)

Indonesia vs Singapura (1-0 babak penyisihan grup Piala AFF 2012)

Indonesia vs Singapura (2-1 babak penyisihan grup Piala AFF 2016)

Share :
Komentar :

Terkait

Read More