Forgot Password Register

Indonesia Tanpa Ganda Putra Pelatnas di India Open 2019, Kenapa?

Indonesia Tanpa Ganda Putra Pelatnas di India Open 2019, Kenapa? Herry IP. (Foto: Pantau.com/Wila Wildayanti)

Pantau.com - Federasi Bulu Tangkis Indonesia (PBSI) sama sekali tidak menurunkan pemain pelatnas di ajang India Open 2019 yang berlangsung 26-31 Maret 2019. Sebagai gantinya, Indonesia hanya mengirimkan satu wakil non pelatnas untuk sektor ganda putra yakni Ricky Karandasuwardi/Angga Pratama.

Pelatih ganda putra PBSI Herry Iman Pierngadi memiliki alasan tersendiri mengapa tidak mengirimkan wakil pelatnas di India Open 2019. Dia menjelaskan, PBSI sengaja tidak mengirimkan wakil karena ingin fokus untuk mempersiapkan diri tampil di Malaysia Open 2019 yang berlangsung mulai Selasa 2 April 2019.

Pasalnya, dia menambahkan, turnamen Malaysia Open 2019 merupakan BWF Tour dengan level super 750. Artinya, para pemain akan mendapat poin yang lebih besar dibandingkan dengan India Open yang hanya level super 500.

Baca Juga: Usai Juarai Swiss Open, Kepercayaan Diri Fajar/Rian Bertambah

"Malaysia Open 2019 jauh lebih penting karena poinnya jauh lebih besar. Levelnya BWF World Tour Super 750. Jadi kami lebih fokus ke situ. Kami harus pintar-pintar atur jadwal, dan harus ada yang dikorbankan," kata pelatih yang akrab disapa Herry Ip itu kepada wartawan, Selasa (26/3/2019).

Selain itu, Herry Ip menegaskan, Absennya ganda putra di India Open 2019 memang sudah direncanakan sejak lama. Dia ingin Marcus Fernaldi Gideon cs tidak mengalami kelelahan lantara tampil di India Open 2019.

Apalagi, ganda putra Indonesia baru saja selesai melakoni tur Eropa pada awal hingga pertengahan Maret lalu. Bahkan untuk pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, keduanya sempat membela Indonesia di ajang Badminton Asia Mix Team Championship 2019 pekan lalu. Oleh karena itu, demi menjaga fisik tetap prima, kata Herry Ip, PBSI memutuskan untuk tidak mengirimkan wakilnya di sektor ganda putra pada India Open 2019.

"Ya, sudah direncanakan jauh-jauh hari kami memang tidak ikut ke India. Waktunya mepet, persiapan kurang. Jadi menurut saya, dari pada tak siap ya tidak usah ikut di India," terang Herry IP.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More