Forgot Password Register

Infografis Gereja Katedral Notre-Dame dan Sejarah Panjang Perancis

Infografis Gereja Katedral Notre-Dame dan Sejarah Panjang Perancis Katedral Notre-Dame (Pantau.com/Amin H. Al Bakki)

Pantau.com - Salah satu bangunan paling ikonik dan terkenal di Benua Eropa, Katedral Notre-Dame terbakar hebat pada Senin (15/4/2019) sore waktu setempat. Warga Paris pun patut bersedih, pasalnya Katedral Notre-Dame sarat dengan sejarah panjang Perancis.

Bangunan yang berdiri hampir 1000 tahun itu telah menjadi saksi bisu perjalanan bangsa Perancis. Dikutip dari notredamecathedralparis.com, bangunan yang terletak di Sungai Saine, Ile de la Cite itu pertama kali dibangun pada tahun 1163 masehi.

Pembangunan katedral yang telah menjadi situs warisan dunia UNESCO itu memakan waktu sekitar 200 tahun. Dimulainya pembangunan Katedral Notre-Dame diprakarsai oleh Maurice de Sully, seorang uskup asal Paris.

Baca Juga: Video Detik-detik Menara Katedral Notre-Dame Runtuh Dilalap Api

Selain karena bangunannya yang memiliki arsitektur Gothic dan memiliki ciri khas, Katedral Notre-Dame juga sangat dibanggakan warga Paris. Pasalnya gereja ini menyimpan sejarah yang sangat panjang.

Henry VI dari Inggris pernah diangkat menjadi raja Perancis di dalam Notre-Dame pada 1431. Demikian juga Napoleon Bonaparte yang memahkotai dirinya sebagai raja di hadapan Paus Pius VII pada 1804.

Lalu seperti apa sejarah pembangunan Katedral Notre Dame yang dibanggakan warga Paris itu?


Infografis sejarah pembangunan Katedral Notre Dame di Paris (Pantau.com/Amin H. Al Bakki)

Share :
Komentar :

Terkait

Read More