Forgot Password Register

Ingat Afi Nihaya yang Pernah Melakukan Aksi Plagiarisme? Kini Ia Menyindir Judoka Indonesia

Ingat Afi Nihaya yang Pernah Melakukan Aksi Plagiarisme? Kini Ia Menyindir Judoka Indonesia Afi Nihaya Faradisa (Foto: Instagram/@afi.nihayafaradisa)

Pantau.com - Lama tak terdengar kabarnya, remaja yang pernah melakukan aksi plagiarisme, Afi Nihaya Faradisa kembali membuat heboh jagad maya. Kali ini, Afi mengundang reaksi keras warganet akibat tulisannya di akun media sosial mengenai diskualifikasi judoka Indonesia di ajang Asian Para Games 2018 akibat penggunaan hijab.

Alih-alih memberikan dukungan moril kepada Miftahul Jannah, Afi malah kecewa dengan keputusan atlet judo tersebut yang dianggap telah merugikan bangsa Indonesia. Pasalnya, Miftahul rupanya telah mengetahui aturan mengenai larangan penggunaan hijab pada cabang olahraga itu.

"Anda ingin bunuh diri, mbak? Awalnya saya salut dengan Anda karena mengira Anda tidak tahu apa-apa soal peraturan. Eh, ternyata Anda sudah tahu dari awal tapi ngeyel. Entah karena apa. Saya kecewa," tulis akun Facebook Afi Nihaya Faradisa.

Afi menuding jika Miftahul hanya ingin mencari sensasi semata dengan mempertahankan hijabnya hingga menimbulkan polemik dalam ajang olahraga bergengsi tersebut.

"Anda ingin mendobrak peraturan? Ya jangan saat sudah tanding, ikutlah kongres atau konferensi judo internasional lalu suarakan pendapat Anda. Jika Anda baru protes saat pertandingan akan dimulai, Anda tidak benar-benar ingin memperjuangkan jilbab, tapi hanya ingin mencari polemik, sensasi, kisruh, keributan tidak jelas," lanjut Afi.

Bahkan, Afi menyebut bahwa Miftahul telah merebut hak atlet lain dan merugikan negara yang telah mengeluarkan biaya untuknya.

"Anda telah merebut hak atlet-atlet potensial lain yang dapat berlaga untuk Indonesia. Jahat namanya."

"Negara rugi berkali lipat karena peluang medali di nomor judo tersebut hilang."

"Biaya yang telah dikeluarkan oleh negara untuk training, akomodasi, semuanya terbuang sia-sia. Dan biaya itu tidak sedikit, mbak! Uang rakyat dan kesempatan dari pemerintah sampai Anda bisa tiba di arena pertandingan itu ada keringat bahkan darah dari bangsamu sendiri, dan Anda bersikap konyol, terlebih lagi Anda sudah tahu ada aturan itu."

Baca juga: Tantri 'Kotak' Minta Aturan Hijab Cabor Judo Lebih Fleksibel

Oleh Afi, Miftahul sampai dianggap merusak nama baik Indonesia di kancah internasional. Tak hanya itu, dengan kesal Afi mengatakan bahwa banyak atlet berkebutuhan khusus lain yang dirugikan oleh Miftahul.

"Keributan tidak penting seperti ini mempengaruhi penilaian negara lain terhadap Indonesia, 'Atlet Indonesia kok gitu ya?'. 

Padahal kita sudah susah payah membangun image baik melalui Asian Games dan IMF. Bukan cuma Indonesia, Anda juga merusak image para atlet difabel yang banyak jadi inspirasi kemarin," ujar Afi.

Baca juga: Berikan Apresiasi Tinggi kepada Judoka Indonesia, Tommy Kurniawan Beri Hadiah

Tulisan Afi yang diunggah ulang oleh akun Instagram @lambe_turah mendapat sorotan tajam dari para pengguna media sosial. Banyak yang meragukan tulisan panjang Afi yang sudah berkali-kali melakukan penjiplakan.

"Ini bocah kenapa, ya? Pengin viral (lagi)?" tanya akun @donipelayanan.

"Cari sensasi? Enggak ngaca?" tulis akun Instagram @fahmikurniawan.

"Pas baca, eh mbak ini copas dari artikel siapa lagi ya?" tutur akun @ikadewic.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More