Pantau Flash
Winger Chelsea Gabung Inter Milan dengan Status Pinjaman
Menhub Minta Tarif Garuda Bisa Dijangkau Masyarakat
Waspada Virus Korona, Pemerintah Tutup Penerbangan Rute Wuhan China
Soal Virus Korona, Jokowi Perintahkan Pengawasan Diperketat
Ducati Resmi Luncurkan Desmosedici GP20

Ini 5 Anjing yang Tercatat Paling Berani dalam Sejarah

Ini 5 Anjing yang Tercatat Paling Berani dalam Sejarah Ilustrasi. (Shutterstock)

Pantau.com - Ketika kita berpikir tentang pahlawan militer, pasti kita langsung membayangkan seorang pria atau wanita yang gagah dengan seragam mereka. Tapi, dalam operasi militer besar baru-baru ini yang menghancurkan keberadaan pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi, bukan hanya pasukan berseragam saja. Tetapi ada anjing pemberani yang bernama Conan.

Selama operasi dengan pasukan Delta Amerika Serikat di Suriah, Conan memiliki peran penting. Ia turut mengejar pentolan ISIS itu sampai di ujung terowongan. Dalam penangkapan Baghdadi, Conan terluka cukup parah. Peran Conan sangat penting bagi pasukan AS.

Daftar Anjing Paling Berani di Dunia Dalam Sejarah

Dilansir rd.com, terdapat bukti bahwa pada Abad Pertengahan anjing tidak hanya terikat secara emosional dengan manusia tetapi juga melakukan pekerjaan spesifik dan penting. Secara khusus, laporan mengungkapkan bahwa anjing berguna untuk berburu, mengirim surat, memutar roda sumur, dan mengusir kutu. Sebelumnya ada anjing-anjing pendahulu yang menjadi pahlawan untuk dunia.

Baca juga: Ternyata Ini Arti Mimpi Digigit Anjing, Bisa Berefek Negatif Lho!

1. Barry of Switzerland

barry of switzerland

Ilustrasi (Shutterstock)

Para ilmuwan memiliki bukti bahwa para biksu yang tinggal di St. Bernard Pass yang bersalju dan berbahaya memelihara anjing untuk membantu mereka menyelamatkan orang-orang setelah badai salju yang buruk. "Selama rentang waktu hampir 200 tahun, sekitar 2.000 orang dari anak-anak yang hilang hingga tentara Napoleon, diselamatkan oleh anjing yang memiliki insting kuat tentang arah dan resistensi terhadap dingin," dikutip dari Majalah Smithsonian.

Sat dari anjing di St. Bernard dari Swiss telah ditempatkan dalam catatan sejarah atas jasanya menyelamatkan manusia. Ia adalah Barry yang tinggal di St. Bernard Pass antara 1800 hingga 1812. Selama masa hidupnya, ia menyelamatkan nyawa lebih dari 40 orang. Dia diabadikan di Museum Sejarah Alam di Berne, Swiss.

2. Sergeant Stubby, WWI Hero

sergeant stubby

Ilustrasi (Shutterstock)

Pada tahun 1917, seekor anjing liar berkeliaran di kampus Yale, di mana anggota militer sedang dalam pelatihan untuk dikirim ke luar negeri menghadapi Perang Dunia I. Orang-orang itu menamainya Stubby, dan ia dengan cepat menjadi maskot kesayangan mereka.

Akhirnya, mereka menyelundupkan Stubby ke garis depan di Perancis, di mana ia memperingatkan para pasukan tentang serangan gas beracun dan menemukan tentara yang terluka. Stubby mendapatkan pangkat sersan karena menyerang mata-mata Jerman, menurut History.com

3. Smoky the WWII Yorkie

smoky the ww2 yorkie

Ilustrasi (Shutterstock)

Pada tahun 1944, seorang tentara Amerika di hutan Papua Nugini menemukan seekor anjing Yorkshire liar. "Smoky" begitu ia dinamai oleh prajurit itu. Ia kemudian menjadi mitra setia prajurit dan menjadi salah satu maskot Perang Dunia II. HuffPost melaporkan bahwa anjing itu menghabiskan 18 bulan dalam pertempuran di Papua dan Filipina.

Dia menyelamatkan banyak nyawa dengan memperingatkan tentara akan tembakan yang masuk, membantu memasang kabel komunikasi di antara pos-pos terdepan, dan dianggap sebagai salah satu anjing terapi pertama di dunia.

Baca juga: Jangan Dibiarkan! Ini 5 Tanda Anjing Peliharaan Sedang Mengalami Depresi

4. Laika, the Space Dog

laika the space dog

Ilustrasi (Shutterstock)

Laika adalah anjing pertama yang mengorbit Bumi dalam sebuah pesawat ruang angkasa. Awalnya tersesat, dia diberi tempat di atas roket yang dimaksudkan untuk mengorbit bumi. Sedihnya, ini adalah misi bunuh diri untuk Laika, lapor Smithsonian Magazine.

Dia hanya diberi satu kali makan dan oksigen selama tujuh hari, dan itu dianggap sebagai perjalanan satu arah ke luar angkasa. Laika memberikan hidupnya untuk program luar angkasa Soviet dan untuk perjalanan umat manusia ke perbatasan terakhir.

5. The canine heroes of 9/11

the canine heroes of 9/11

Ilustrasi (Shutterstock)

Ribuan orang mengambil bagian dalam upaya pencarian dan penyelamatan di Ground Zero setelah serangan teroris 11 September, dan lebih dari 300 anjing bergabung, menurut  National September 11 Memorial and Museum.

Anjing-anjing pahlawan ini termasuk: Bretagne, seeko golden retriever yang bekerja di Ground Zero 12 jam sehari selama dua minggu berturut-turut dengan pemiliknya Denise Corliss, Riley, golden retriever dengan FEMA's Pennsylvania Task Force 1, dan Apollo, seekor gembala Jerman dengan unit K-9 Departemen Kepolisian New York yang tiba hanya 15 menit setelah menara World Trade Center runtuh.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - SIG
Category
Ragam

Berita Terkait: