Pantau Flash
Bank Dunia Prediksi Ekonomi Indonesia Tumbuh di 2020
Ma'ruf Amin Minta Menag Sempurnakan Lagi PMA Majelis Taklim
5 Klub Perebutkan 2 Tiket Sisa ke 16 Besar Liga Champions
Patung Bung Karno Diresmikan di Stasiun Blitar
Hati-hati! KM 40-86 Tol Cipali Rawan Kecelakaan

Ini 5 Hal yang Terjadi pada Tubuh Ketika Kekurangan Waktu Tidur

Ini 5 Hal yang Terjadi pada Tubuh Ketika Kekurangan Waktu Tidur Ilustrasi tidur. (Shutterstock)

Pantau.com - Berapa kali Anda sering mendengar 'tidurlah dengan waktu yang cukup'? Seperti yang kita tahu bahwa kita membutuhkan waktu tidur yang cukup, namun rutinitas sehari-hari seakaan memaksa untuk terus bekerja hingga akhirnya kekurangan waktu tidur.

American Academy of Sleep Medicine and Sleep Research Society merekomendasikan orang dewasa untuk tidur setidaknya tujuh jam untuk menjaga kesehatan. Terlepas dari jam yang ditentukkan, berikut 5 hal yang akan terjadi pada tubuh Anda jika kekurangan waktu tidur dikutip dari Live Strong.

1. Otak


Saat tetidur otak akan memproses informasi yang telah diperoleh sepanjang hari, membentuk memori baru, dan menyatukan hal penting yang telah Anda terima pada hari tersebut, menurut Carl W.Bazil, MD, PhD, direktur divisi epilepasi dalam Departemen Neurologi di Columbia University Medical Center di New York City.

Sebuah penelitian pada Maret 2012 yang diterbitkan dalam PLoS ONE menunjukkan bahwa orang yang tidur dengan cepat usai mempelajari sesuatu lebih mampu mengingat informasi. Faktanya, Anda perlu beristirahat untuk menyimpan informasi yang telah dipelajari.

Kekurangan tidur juga dapat menyebabkan mempengaruhi cara Anda menangani emosi, menurut National Institutes of Health (NHS), yang dicatat bahwa kekurangan tidur juga terkait dengan depresi dan perilaku berisiko hingga bunuh diri. 

Baca juga: Catat! 5 Hal Berikut Sebelum Kamu Menggunakan High Heels

2. Mata

Ilustrasi mata (iStock)

Satu studi pada September 2013 yang diterbitkan Sleep, seseorang yang kekurangan waktu tidur memiliki kantung mata disertai dengan mata lelah hingga pembengkakkan. 

"Jika Anda kekurangan waktu tidur, hal itu dapat menyebabkan mata kejang atau berkedut," kata Anil Rama, MD, seorang dokter di Stanford Center of Sleep Sciences dan kedokteran di palo Alto, California. 

3. Hidung

Ilustrasi flu. (Pixabay)

Ketika waktu tidur, tubuh akan memperkuat sistem kekebalan sehingga dapat melawan virus seperti flu atau penyakit lainnya. Sebuah studi pada September 2015 yang diterbitkan oleh Sleep menemukan bahwa orang yang memiliki waktu tidur kurang dari enam jam lebih berisiko terkena penyakit seperti flu. 

Baca juga:5 Makanan dan Minuman Ini Jadi Mengerikan saat Kamu Sakit Tenggorokan

4. Hati

Ilustrasi jantung. (Pixabay)

Tekanan darah akan menurun selama waktu tidur yang normal. Tetapi, jika Anda tak dapat waktu tidur yang cukup, tekanan darah akan meningkat yang dapat menyebabkan hipertensi kronis, yang merupakan salah satu faktor risiko utama untuk penyakit jantung dan stroke, menurut CDC.

5. Berat badan


Ilustrasi timbangan. (Shutterstock)

Kekurangan waktu tidur atau begadang dapat menyebabkan Anda makan berlebihan. Hal itu dikarenakan begadang akan meningkatkan rasa lapar, menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Current Biology.

"Hormon leptin dapat menekan kelaparan, dan ghrelin dapat merangsang nafsu makan. Jika seseorang begadang maka leptin menurun dan ghrelin meningkat yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan," kata Dr. Khan.

Tim Pantau
Editor
Nani Suherni
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam

Berita Terkait: