Pantau Flash
Jokowi Akan Undang Kapolri Senin Pekan Depan Tanya Kasus Novel
Menteri Tjahjo Ingin ASN Tetap Kerja 5 Hari dalam Seminggu
Basuki Akui Pembangunan Tol Kunciran-Serpong Sempat Terhenti 10 Tahun
Erick Thohir: Kasus Motor Harley Davidson Termasuk Kriminal
Polda Jabar Sebut Tol Layang Jakarta-Cikampek Beroperasi 15 Desember 2019

Ini 5 Kota Paling Macet di Dunia, Jakarta Peringkat Berapa Ya?

Headline
Ini 5 Kota Paling Macet di Dunia, Jakarta Peringkat Berapa Ya? Kemacetan Jakarta (Foto: Antara/Aprillio Akbar)

Pantau.com - Bagi kita yang tinggal di Jakarta, kemacetan bukanlah hal yang baru. Mungkin beberapa dari kita pernah berpikir, saking macetnya Jakarta membuat kota ini menjadi kota termacet di dunia.

Namun, hal itu nyatanya salah. Jakarta bukanlah kota yang terparah dalam hal kemaceten lalu lintas, hal ini dapat kita lihat dari data yang dipublikasi oleh sebuah situs database besar TomTom, mengenai kota paling macet di dunia.

Baca juga: 5 Kota di Indonesia yang Berlabel Paling Keras! Berani Tinggal di Sini?

TomTom, salah satu perusahaan teknologi yang mengatur lalu lintas, merilis Indeks Lalu Lintas 2018 yang menyoroti tingkat kemacetan pada 403 kota di 56 negara. Lalu bagaimana dengan Indonesia? Tentunya, Ibu kota Jakarta kita termasuk dalam nominasi kota dengan tingkat kemacetan tertinggi di urutan ke-7,dengan tingkat waktu ekstra perjalanan yang dibutuhkan sebesar 53 persen.

Apa Saja Daftar Kota Paling Macet di Dunia?

Berikut 5 kota paling macet di dunia berdasarkan TomTom:

1. Mumbai

mumbai

Ilustrasi gedung pencakar langit di Mumbai. (Foto: Pixabay)

Mumbai merupakan ibu kota negara bagian India Maharashtra. Mumbai disebut sebagai kota terpadat di India dan aglomerasi terpadat kesembilan di dunia, dengan populasi kota tersebut diperkirakan berjumlah 18,4 juta orang. 

Menjadi kota paling padat India, Mumbai tak terlepas dari kemacetan. Mumbai menyandang status sebagai kota paling macet dunia dengan presentase mencapai 65 persen. Tingkat kemacetan yang terjadi di Mumbai pada pagi hari mencapai 80 persen dan meningkat pada malam hari hingga 102 persen.

2. Bogota

bogota

Ilustrasi Kota Bogota. (Foto: Pixabay)

Ibu kota Kolombia, Bogota, berada di urutan kedua kota termacet di dunia, dengan tingkat waktu ekstra perjalanan yang dibutuhkan 63 persen. 

Bogotá dengan nama resmi Bogota, D.C. sebelumnya dikenal sebagai Santa Fe de Bogota, adalah ibu kota Kolombia dan merupakan kota terbesar dan terpadat di seluruh negara itu dengan 7.033.914 penduduk.

Kemacetan di ibu kota Kolombia ini pada pagi hari mencapai 87 persen. Kemacetan juga semakin parah pada malam hari yang mencapai 102 persen.

3. Lima

lima

Ilustrasi pemandangan Kota Lima. (Foto: Pixabay)

Usai Bogota, tempat ketiga diduduki Lima yakni ibu kota Peru dengan tingkat kemacetan mencapai 58 persen. Kota ini didirikan oleh Francisco Pizarro pada 18 Januari 1535.

Kota yang memiliki penduduk sekitar 6,2 juta jiwa ini harus menghadapi kemacetan di pagi hari dengan presentase 88 persen dan meningkat tajam pada malam hari yaitu 104 persen.

Baca juga: Deretan Negara yang Terkenal karena Legalkan Bisnis Prostitusi

4. New Delhi

new delhi

India kembali masuk di tempat keempat kota paling macet di dunia, kali ini New Delhi yang dinobatkan. Sebab, pengemudi di sana membutuhkan 58 persen waktu lebih banyak di perjalanan.

New Delhi merupakan tempat pemerintahan liberal demokrasi terbesar di dunia.

Menjadi kota metropolis ketiga di India, membuat masyarakat New Delhi harus menghadapi kemacetan di pagi hari sekitar 73 persen dan di malam hari mencapai 95 persen.

5. Moskow

moskow

Ilustrasi Kota Moskow. (Foto: Pixabay)

Di sisi lain, Moskow menjadi kota yang memimpin benua Eropa dalam kemacetan lalu lintas dan pengemudi yang sedang berkendara di Rusia dapat mengharapkan 57 persen tambahan waktu perjalanan macet di kemacetan. 

Masyarakat di ibu kota Rusia sekaligus pusat politik, ekonomi, budaya, dan sains utama di negara tersebut ini harus menghadapi kemacetan pada pagi hari mencapai 86 persen dan malam hari 102 persen.

Moskow adalah kota berpenduduk terbanyak di Rusia dan Eropa serta menjadi kawasan urban terbesar ke-6 di dunia. Berdasarkan sensus tahun 2010, Moskow memiliki penduduk sebesar 11,5 juta jiwa.

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam