Forgot Password Register

Ini Alasan Baju Khusus Bedah Berwarna Hijau atau Biru

Ilustrasi (Foto: Pixabay) Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Kita semua sudah tahu jika memasuki ruang operasi atau bedah, harus mengenakan pakaian khusus dari pihak rumah sakit. Pada umumnya pakaian yang diberikaan berwarna biru atau hijau. 

Dilansir laman Live Science, ada alasan khusus di balik pemilihan warna hijau dan biru untuk pakaian kusus di ruang bdah atau operasi. 

Pemilihan baju khusus bedah berwarna hijau diawali pada abad ke-20, dimana salah seorang dokter yang cukup berpengaruh berpendapat bahwa warna hijau akan lebih mudah dilihat mata. Warna hijau juga dinilai cocok untuk membantu penglihatan dokter bedah  menjadi lebih baik.

Baca juga: Anjuran Menggunakan Obat Kumur Antiseptik Saat Puasa

Warna hijau dinilai dapat menyegarkan pandangan dokter terkait dengan hal-hal berwarna merah yang mendominasi organ tubuh manusia seperti darah dan lain-lain. Selain itu, otak menafsirkan warna sangat relatif satu sama lain. Jika seorang ahli bedah menatap sesuatu yang merah dan merah jambu, dia menjadi tidak peka terhadapnya. Sinyal merah di otaknya benar-benar memudar, yang bisa membuat ia lebih sulit untuk melihat jaringan tubuh manusia. 

Seorang psikolog bernama John Werner, yang mempelajari visi di University of California, berpendapat bahwa melihat sesuatu yang hijau setiap waktu membuat mata lebih sensitif terhadap variasi warna merah.

Kedua, fokus yang begitu dalam pada merah, dapat menyebabkan ilusi hijau yang mengganggu pada permukaan putih. Bayangan warna hijau yang cerah ini bisa muncul jika seorang dokter mengalihkan pandangannya dari jaringan tubuh yang kemerahan ke sesuatu yang putih, seperti tirai bedah atau baju anestesi ahli anestesi.

Ilusi hijau pada bagian dalam pasien mungkin muncul pada latar belakang putih. Gambar yang mengganggu akan mengikuti tatapan ahli bedah di mana pun dia melihat, mirip dengan titik mengambang yang kita lihat setelah lampu flash kamera.

Baca juga: Ketahui Makna Bunga Mawar Berdasarkan Warnanya

Fenomena itu terjadi karena cahaya putih mengandung semua warna pelangi, termasuk merah dan hijau. Namun jalur merah masih lelah, sehingga jalur merah versus hijau di otak menandakan ‘hijau’.

Namun, jika seorang dokter melihat pakaian hijau atau biru dibanding warna, hantu-hantu yang mengganggu ini akan berbaur dan tidak menjadi gangguan, menurut Paola Bressan, yang meneliti ilusi visual di University of Padova di Italia.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More