Forgot Password Register

Ini Alasan Soal Matematika di UN 2018 Tidak Hanya Pilihan Ganda

Konfrensi Pers Kemendikbud Tentang Kesiapan UN 2018. (Foto: Pantau.com/Ammad) Konfrensi Pers Kemendikbud Tentang Kesiapan UN 2018. (Foto: Pantau.com/Ammad)

Pantau.com - Ujian Nasional (UN) tahun 2018 akan berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Perbedaan itu terletak pada mata pelajaran Matematika yang tidak hanya berisikan soal pilihan ganda, namun ada juga soal berbentuk isian atau esai. 

"Adanya soal isian tersebut tujuannya untuk mengembangkan kemampuan nalar siswa," ujar Kepala Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Bambang Suryadi di Gedung Kemendikbud, Jakarta, Selasa (13/3/2018).

Dengan adanya pilihan esai, sambungnya, dapat mengukur ketuntasan belajar siswa. Meskipun saat ini, baik guru maupun siswa belum sepenuhnya menyadari bahwa UN dapat mengukur ketuntasan belajar siswa.

Meski begitu, soal isian tersebut hanya berlaku untuk jenjang SMA, SMK dan Paket C. "Ya, hanya untuk jenjang SMA, SMK dan Paket C saja," kata Bambang.  

Baca juga: Kemendikbud Siap Gelar Ujian Nasional Berbasis Komputer, Catat Tanggalnya!

Pada kesempatan itu juga dijelaskan jumlah peserta UN yang mengikuti UN berbasis komputer sudah mencapai 78 persen dari 8,1 juta yang mengikuti UN. Hal tersebut merupakan pencapaian yang tinggi karena dengan menggunakan UN yang berbasis komputer mampu meningkatkan indek integritas.

Kemendikbud menjadwalkan pelaksanaan UN jenjang SMK dimulai pada tanggal 2-5 April 2018. Jenjang SMA/Madrasah Aliyah (MA) diselenggarakan pada tanggal 9-12 April 2018. Untuk peserta didik yang tidak dapat mengikuti UN pada tanggal tersebut dapat mengikuti ujian susulan pada 17 dan 18 April 2018.

Pada jenjang SMP/MTS (Tsanawiyah) akan dilaksanakan pada tanggal 23-26 April 2018. Sedangkan UN susulan akan diselenggarakan tanggal 8 dan 9 Mei 2018.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More