Forgot Password Register

Ini cara Sri Mulyani 'Tahan' Kenaikan Harga BBM

Ini cara Sri Mulyani 'Tahan' Kenaikan Harga BBM Sri Mulyani (Foto: Antara/Wahyu Putro)

Pantau.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani berupaya agar kenaikan harga minyak dunia tidak berpengaruh banyak kepada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Pihaknya mengaku akan berupaya untuk merealisasikan sesuai APBN.

"Kita akan terus melakukan exercise terhadap outlook APBN," ujarnya saat jumpa pers Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) di Gedung Kebon Sirih Bank Indonesia, Jakarta Pusat, Senin (30/4/2018).

Ia mengatakan, kebijakan harga minyak setiap dolarnya dengan undang-undang APBN saat ini akan meningkatkan penerimaan pemerintah baik dari sisi Penghasilan Negara Bukan Pajak (PNPB) maupun pajak migas. Lebih lanjut, jika dilihat dari APBN, Indonesia beruntung mendapatkan harga lebih tinggi dari asumsi.

"Oleh karena itu, kalau lihat dari APBN kita beruntung dengan harga yang lebih tinggi dari asumsi," katanya.

Baca juga: Ngeluh Gaji Kecil? Cek Upah Pekerja di Negara Ini

Meskipun kebijakan harga BBM bersubsidi telah ditetapkan volume dan harganya, namun pihaknya mengaku tetap menjaga momentum ekonomi agar dapat menggunakan APBN secara seimbang.

"Tapi kita tahu di Indonesia ada BBM bersubsidi yang ditentukan oleh volume serta harga, oleh karena itu, dalam rangka untuk menjaga agar momentum perekonomian nggak terganggu dan menjaga kelompok miskin, kita akan gunaakan tool APBN secara seimbang, APBN akan tetap konsisten dan kredibel," katanya.

Sri Mulyani menambahkan, di sisi lain penerimaan juga digunakan untuk kelompok masyarakat miskin dan BUMN dalam menjalankan fungsi untuk subsidi BBM dan listrik.

"Ini agar mereka tidak terlalu rentan terhadap kenaikan harga BBM," pungkasnya.

Baca juga: Ini Alasan Emas Layak Jadi Investasi Masa Depan

Share :
Komentar :

Terkait

Read More