Forgot Password Register

Ini Deretan Isu yang Akan Dibahas di IMF-WBG

Ini Deretan Isu yang Akan Dibahas di IMF-WBG Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto:Antara/Sigid Kurniawan)

Pantau.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan "ASEAN Leaders Gathering" (ALG), sebagai salah satu agenda Pertemuan Tahunan Dana Moneter Internasional-Bank Dunia (AM IMF-WBG) 2018, akan membahas isu-isu prioritas tingkat regional.

Sri Mulyani menyebutkan isu-isu prioritas tersebut antara lain stabilitas ekonomi regional, investasi sumber daya manusia, dan pembangunan ekonomi digital.

Baca juga: Bukan Qatar, Ternyata Ini Negara Terkaya di Dunia

Ia menilai berbagai isu tersebut relevan dengan agenda dan kepentingan nasional Indonesia dalam menjaga stabilitas ekonomi melalui reformasi struktural yang menyeluruh guna mengatasi tantangan global, regional, dan domestik.

"Tentu kita lihat perkembangan geopolitik yang muncul akhir-akhir ini makin membuat pentingnya pertemuan itu," ujarnya.

Pembahasan isu-isu prioritas tersebut merupakan salah satu bentuk upaya menampilkan (showcasing) reformasi dan kekuatan ekonomi dengan harapan mendorong investasi dan kerja sama perdagangan.

"ASEAN Leaders Gathering" dalam Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 mengundang kepala negara ASEAN, Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Presiden Bank Dunia, dan Direktur Pelaksana IMF.

Baca juga: Kadin: Minggu Ini Batas Pengusaha Cairkan THR Karyawan

Dalam agenda tersebut, Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan hadir bersama dengan sejumlah pemimpin negara-negara ASEAN. Kehadiran para pemimpin ASEAN ini menunjukkan dukungan yang solid dari ASEAN kepada Indonesia sebagai tuan rumah AM IMF-WBG 2018.

"Persiapan 'ASEAN Leaders Gathering' sampai sekarang masih sesuai jadwal. Beberapa negara sudah menyatakan kesediaannya untuk hadir," kata Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More