Pantau Flash
BI Prediksi Turis Muslim Akan Capai 158 Juta Orang Tahun Depan
Utang Luar Negeri Indonesia Menjadi 395,6 Miliar Dolar AS
Tol Terpeka Digratiskan Selama Sebulan
Tol Terpeka Diklaim Jadi Jalur Produktif Pulau Sumatera-Jawa
Rupiah Menguat 20 Poin, Kini di Angka Rp14.058-14.120

Ini Dia 5 Negara Terluas di Dunia

Ini Dia 5 Negara Terluas di Dunia Ilustrasi peta dunia. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Sejak Sekolah Dasar dulu kita sudah diwajibkan untuk membawa Buku Atlas ke sekolah. Tujuan satu, agar kita mengetahui dan membaca letak geografis negara-negara di berbagai belahan dunia. Tapi itu dulu, sekarang teknologi maju kita bisa melihat luasan wilayah negara yang ada di belahan dunia dengan satu aplikasi.

Daftar negara terluas di dunia apa saja?

Secara fisik atau ukuran, wilayah negara memang berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Dalam kesempatan kali ini Pantau.com akan membahas mengenai negara terbesar di dunia yang dilihat dari wilayahnya. Yuk simak ulasannya.

5. Brasil (8.51 juta km2)


Ilustrasi Brasil. (Pixabay)

Negara yang juga dijuluki sebagai negeri samba ini ternyata merupakan negara terbesar di Amerika Selatan. Dengan luasan 8.51 juta km2 negara ini memiliki garis pantai yang cukup panjang di segi Timur, berbatasan dengan Samudera Atlantik, yaitu sepanjang 8,000 km.

Mayoritas kota-kota besar di Brasil terletak di pesisir pantai seperti Rio de Janeiro dan Sao Paulo.

Baca juga: 5 Sungai Terpanjang di Benua Amerika, Salah Satunya Ikonik Banget

4. Republik Rakyat China (9.6 juta km2)


Ilustrasi China. (Pixabay)

Negara yang akrab kita panggil Tiongkok ini merupakan negara terbesar di benua Asia. Hanya Rusia yang kerap kali bisa disandingkan dengan luas negara China.

Sebagai negara terluas yang berada di Asia, wajar jika Tiongkok menjadi negara yang memiliki perbatasan langsung dengan puluhan negara. Total ada 14 negara yang berbatasan langsung.

3. Amerika Serikat (9.63 juta km2)


Ilustrasi AS. (Pixabay)

Amerika Serikat menjadi negara ketiga di dunia yang memiliki luas paling besar. Tercatat Amerika Serikat memiliki luasan 9.63 juta km2, sedkit lebih luas dari pada China.

Negara ini berbatasan dengan dua negara yakni Canada dan Meksiko, maklum saja memang letak negara Amerika Serikat ini terhimpit ditengah-tengah.

Baca juga: 5 Negara Tertua di Dunia

2. Canada (9.98 juta km2)


Ilustrasi Canada. (Pixabay)

Negara selanjutnya adalah Canada. Negara yang berbatasan langsung ini dengan Amerika Serikat ini menjadi negara terbesar kedua di dunia. Canada memiliki luas wilayah sebesar 9.98 juta km2. 

Terletak di antara Amerika Serikat dan Kutub Utara, Canada memiliki iklim yang sangat dingin dan tidak bersahabat. Namun, terdapat daerah di Selatan, di perbatasan dengan Amerika Serikat, yang sangat cocok untuk aktivitas pertanian dan tempat tinggal, Lebih dari setengah penduduk Canada tinggal di daerah ini.

1. Rusia (17.1 juta km2)


Ilustrasi Rusia. (Pixabay)

Mungkin sebagian dari kamu sudah mengatahui bahwa faktanya negara nomor satu terbesar di dunia adalah negara Rusia. Rusia tercatat memiliki luas wilayah 17.1 juta km2.

Saking luasnya nih ya bahkan negara ini berada dua benua yakni benua eropa dan sebagian di benua asia.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Bagaskara Isdiansyah
Category
Ragam

Berita Terkait: