Forgot Password Register

Ini Dia Laba-laba Tertua di Dunia, Usianya Sampai Kepala 4

Tarantula tertua di dunia bernama Nomor 16. (Foto: AFP/Jiji) Tarantula tertua di dunia bernama Nomor 16. (Foto: AFP/Jiji)

Pantau.com - Laba-laba tertua di dunia telah mati pada usia lebih dari 43 tahun setelah mendapatkan perawatan dari peneliti Australia. Sebelumnya, tarantula tertua hidup hingga umur 28 tahum di Meksiko.

"Sepengetahuan kami ini adalah laba-laba tertua yang pernah tercatat, dan kehidupannya yang signifikan telah memungkinkan kami untuk menyelidiki lebih lanjut perilaku dan dinamika populasi pintu jebakan laba-laba," kata penulis utama Leanda Mason dari Curtin University seperti dikutip Pantau.com dari AFP, Senin (30/4/2018).

Sebuah proyek penelitian untuk mempelajari laba-laba melawati pintu jebakan di Central Wheatbelt wilayah Australia Barat pertama kali diluncurkan pada tahun 1974 oleh Barbara York Main. Saat itu, Nomor 16 ditemukan.

Tarantula tertua di dunia bernama Nomor 16. (Foto: AFP/Leanda Mason)

"Melalui penelitian rinci Barbara, kami dapat menentukan bahwa rentang usia yang panjang sebuah laba-laba. Karena ciri-ciri sejarah hidup mereka, termasuk bagaimana mereka hidup di tanah, semak yang tidak jelas, sifat mereka yang menetap serta metabolisme rendah," kata Mason.

Studi ini juga memberikan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana tekanan masa depan perubahan iklim dan deforestasi dapat berdampak pada spesies.

Laba-laba secara tradisional memiliki rentang kehidupan antara lima hingga 20 tahun.  Mereka bukan ancaman besar bagi manusia, meskipun gigitan dapat menyebabkan rasa sakit dan bengkak.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More