Forgot Password Register

Ini Klaim Darmin Nasution Atas Keputusan BI Soal Suku Bunga

Ini Klaim Darmin Nasution Atas Keputusan BI Soal Suku Bunga Menko Perekonomian Darmin Nasution. (Foto: Antara/Wahyu Putro A)

Pantau.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyakini Bank Indonesia bisa mengambil keputusan terbaik terkait penyesuaian suku bunga acuan untuk menekan perlemahan rupiah.

"Itu bagian dari menghadapi perubahan situasi global, termasuk soal kurs. Tapi biarkanlah BI mengambil jalan untuk menjawab persoalan," kata Darmin di Jakarta, Jumat (27/4/2018).

Baca juga: Gubernur BI Akui Rupiah 'Under Value' Tertekan Guncangan Global

Dikutip Antara, Darmin mengatakan banyak cara yang bisa diambil untuk menjaga pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang saat ini cenderung mengalami perlemahan.

Namun, persoalan menjaga stabilitas kurs termasuk keputusan untuk menaikkan suku bunga acuan agar rupiah tidak lagi terdepresiasi terlalu dalam, merupakan kewenangan bank sentral.

Baca juga: Kata Menko Luhut Soal Anggaran Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia di Bali

Melihat kondisi saat ini, Darmin optimistis rupiah tidak lagi bergejolak dalam menghadapi tekanan global karena proses stabilisasi yang dilakukan Bank Indonesia sedang berjalan.

"Tidak usah terlalu dianggap banyak masalah. Itu bukan akhir dari semuanya, ini semua masih panjang," ujarnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More