Forgot Password Register

Ini Makanan Favorit Presiden Indonesia yang Ada di Daftar Menu Restoran Vidi Aldiano

Vidi Aldiano dan keluarga. (Foto: Pantau.com/Lilis Varwati) Vidi Aldiano dan keluarga. (Foto: Pantau.com/Lilis Varwati)

Pantau.com - Tak banyak dokumen yang menjelaskan tentang apa saja makanan kesukaan para Presiden dan wakil Presiden Indonesia. Atas dasar itu musisi Vidi Aldiano bersama adiknya, Vadi Akbar, dan sang ayah Harry Kiss membuat restoran Teras Istana.

Makanan kesukaan para petinggi negara itu memang menjadi menu andalan Teras Istana. Harry Kiss mengatakan ia mendapat data otentik langsung dari bagian istana negara juga dari pihak keluarga para Presiden dan wakil Presiden. 

Masakan yang disajikan mayoritas berasal dari nusantara seperti sayur asem dan nasi jagung khas Istana Merdeka yang menjadi kesukaan Presiden pertama RI Soekarno. 

"Kalau Pak Harto suka sayur lodeh buatan bu Tien (istri Soeharto). Jadi dulu Pak Harto kalau terbang selalu makan arem-arem dibuat ibu Lien (Lien Soekartono). Kalau bu Tien sukanya Gadon," terang Harry saat konferensi pers di Resto Teras Istana, Bintaro, Jakarta Selatan, Rabu (2/5/2018). 

Baca juga: Buka Restoran, Vidi Aldiano Sajikan Menu Favorit Presiden

Untuk mengetahui makanan kesukaan mantan Presiden BJ Habibie, Harry menanyakan hal tersebut kepada putra sulung Habibie, Ilham Akbar. Dari Ilham, ia mengetahui bahwa Habibie menyukai makanan apa pun. 

"Beliau itu suka apa aja, kecuali durian. Dan Bu Ainun (istri BJ Habibie) juga suka apa aja kecuali yang makanan mentah, kaya sasimi," ucapnya. 

Sedangkan Abdurrahman Wahib atau Gus Dur, Harry menyebutkan presiden ke-4 RI itu menyukai dendeng batothok, gulai otak, dan gulai limpa. Lalu mantan Presiden Megawati Soekarno Putri suka menyantap ikan bakar khas Gianyar dan bothok mlanding. 

"Kalau pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) sukanya tahu pong, nasi goreng ala SBY dan kerupuk kampung juga kerupuk gado-gado merah yang sudah agak melempem. Kalau pak Jokowi lucu, dia suka makanan apa aja asal tamunya senang beliau juga pasti suka," cerita Harry. 

Meski begitu ia menambahkan, setiap pulang ke Solo, Presiden Joko Widodo selalu menyempatkan menyantap sate buntel dan sate kere. 

Baca juga: Is Murka saat Netizen Sebut 'Akad' Lagu Terburuk Payung Teduh

Makanan tradisional lain seperti Karedok sampai pete bakar yang menjadi makanan kegemaran mantan wakil presiden era Soerto, Umar Wirahadikusuma juga akan masuk pada daftar menu. Namun Harry mengatakan menu spesial itu hanya disajikan pada hari tertentu. 

"Nanti kita setiap Jumat atau Sabtu ada masakan khusus makanan kepresidenan. Jadi bisa pesen menu Soekarno atau lainnya. Semua sebetulnya menu nusantara yang menggunakan rempah lokal," katanya. 

Share :
Komentar :

Terkait

Read More