Forgot Password Register

Headlines

Ini Makanan yang 'Pantang' Dikonsumsi saat Jalani Gaya Hidup Vegan

Ini Makanan yang 'Pantang' Dikonsumsi saat Jalani Gaya Hidup Vegan Staf Ahli Indonesian Vegan Society (IVS) dokter Hendry Widjaja di Vegan Festival Indonesia (Foto: Pantau.com/Lilis Varwati)

Pantau.com - Saat ini banyak orang menjadi tertarik ikut melakukan diet vegan. Ya, diet vegan ternyata ampuh menurunkan berat badan. Tapi, sayangnya tak banyak yang tahu bahwa vegan punya efek samping terhadap tubuh jika salah mengkonsumsi makanan.

Staf ahli Indonesian Vegan Society (IVS) dokter Hendry Widjaja mengatakan vegan bisa berdampak buruk bagi tubuh jika makanan yang dikonsumsi tidak sehat. 

"Penelitian ahli nutrisi mengatakan bahwa vegan bisa diterima semua kelompok umur. Asal dipersiapkan dengan baik. Banyak orang vegan tapi tidak sehat karena makanan yang dikonsumsi juga tidak sehat," jelas Hendry saat mengisi seminar di Festival Vegan Indonesia di Neo Soho Mall, Jakarta Barat, Jumat (13/4/2018). 

Baca juga: Gara-gara Vegan, Kak Seto Masih Sanggup Koprol dan Salto di Usia Jelang 70 Tahun

Hendry menjelaskan, meski tidak memakan daging, juga makanan olahan hewan, namun jika orang yang tengah menjalani vegan masih gemar mengkonsumsi makanan berminyak bisa berdampak buruk juga bagi tubuhnya. 

"Suka gorengan, makanan manis itu juga nggak sehat. Kalau kita sudah vegan kita belajar makan lebih alami. Bukan makan makanan yang sudah diproses," ucapnya. 

Frankie Yu pengajar National Institute of Education (NIE) Singapore di acara Vegan Festival Indonesia (Foto: Pantau.com/Lilis Varwati)

Efek samping vegan juga bisa terlihat secara fisik. Menurut pengajar National Institute of Education (NIE) Singapore Frankie Yu, efek samping yang paling mudah terlihat adalah adanya bercak pada kulit. 

"Badan jadi bercak, karena itu racun yang keluar dari makanan tidak sehat yang pernah kita konsumsi sebelum vegan," ucap Frankie ditemui pada kesempatan yang sama.

Baca juga: Belajar Jadi Vegetarian, Masyarakat Datangi Vegan Festival Indonesia

Frankie menambahkan tujuan vegan sebaiknya bukan hanya untuk menurunkan berat badan. Ia bercerita memiliki seorang teman yang setelah menjalani vegan beratnya memang turun sebanyak 13 kilogram dalam waktu dua bulan. 

Namun, menjalani vegan sesungguhnya bukan sekedar untuk menurunkan berat badan.

"Tujuan vegan adalah untuk lebih mencintai tubuh dan mencintai bumi. Karena vegan bagus sekali untuk bumi. Pola makan vegan satu hal yang baik. Dan tidak terlalu susah untuk menurunkan berat badan kalau kita makan sehat," tutur Frankie.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More