Forgot Password Register

Ini Pengakuan Kepala Disparbud Pemprov DKI Usai Diperiksa Polisi Terkait Ratna Sarumpaet

Ini Pengakuan Kepala Disparbud Pemprov DKI Usai Diperiksa Polisi Terkait Ratna Sarumpaet Ilustrasi (Foto: Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com - Plt Kepala Dinas Parawisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Asiantoro mengatakan bahwa pemeriksaan oleh polisi hanya mendalami terkait kronologi Ratna Sarumpaet mendapat pendanaan itu.

"Kronologinya dari bulan oktober 2017 mendapat undangan dari WPI untuk menghadiri sebagai narasumber, dan kemudian ibu Ratna mengajukan permohonan kepada gubernur. Itu ada urut-urutannya," ucap Asiantoro saat dikonfirmasi, Kamis (11/10/2018).

Dalam pemeriksaan Asiantoro mengaku dicecar sekitar 30 pertanyaan itu. Kepada polisi ia juga menampik kabar beredar yang menyebut bahwa pengajuan pendanaan atau sponsorhip tehadap Ratna Sarumpaet itu diajukan pada awal tahun 2018.

Baca juga: Polisi Periksa Plt Kadis Disparbud Pemprov DKI Soal Pendanaan Ratna Sarumpaet ke Chile

Sebab, dari fakta dan data yang ada pengajuan permohonan itu dilakukan oleh pihak Ratna Sarumpaet pada Oktober 2017 lalu.

Lebih lanjut, Asiantoro juga menyebut bahwa pihaknya telah meminta Ratna Sarumpaet untuk mengembalikan uang pendanaannya untuk mengikuti acara The 11th Women Playrights International (WPI) Conference 2018 di Santiago, Chile.

Pengembalian uang pendaan yang mencapai puluhan juta itu, kata Asiantoro, telah dilakukan oleh Kepala Seksi (bagaian promosi luar negeri) yang sebelumnya berkoordinasi terkait pendaan itu.

"Sudah (meminta pengembalian), sudah dimohon. Sudah berkoordinasi langsung," ungkapnya.

Sebelumnya Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Asiantoro terkait pendanaan Ratna Sarumpaet yang hendak pergi ke Santiago, Chile.

"Kemarin kita sudah lakukan pemeriksaan dari Plt Kepala Dinas Pariwisata DKI. Intinya bahwa berkaitan dengan sponsor Ratna Sarumpaet ke Chile," ucap Argo di Polda Metro Jaya, Kamis (11/10/2018).

Baca juga: Polisi Agendakan Pemeriksaan Lanjutan Ratna Sarumpaet

Dalam pemeriksaan yang bersamaan dengan Amien Rais tersebut, Argo menyebut tim penyidik mendalami terkait kronologi pemberian dana sponsor itu hingga bagaimana pihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dapat mengetahui adanya sponsorhip tersebut.

"Jadi (pemeriksaannya) bagaimana kronologis, saksi ditanya mengetahui darimana ada sponsor itu," terang Argo.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More