Pantau Flash
BI Prediksi Turis Muslim Akan Capai 158 Juta Orang Tahun Depan
Utang Luar Negeri Indonesia Menjadi 395,6 Miliar Dolar AS
Tol Terpeka Digratiskan Selama Sebulan
Tol Terpeka Diklaim Jadi Jalur Produktif Pulau Sumatera-Jawa
Rupiah Menguat 20 Poin, Kini di Angka Rp14.058-14.120

Ini Pesan Fahri Hamzah kepada 5 Pimpinan Baru KPK

Ini Pesan Fahri Hamzah kepada 5 Pimpinan Baru KPK Fahri Hamzah (Foto: Pantau.com/Bagaskara Isdiansyah)

Pantau.com - Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah memberikan ucapan selamat atas terpilihnya 5 nama pimpinan baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023. Fahri meminta kepada pimpinan baru KPK berkerja sesuai konstitusi hukum dan hentikan segala kegiatan politik.

"Selamat Kepada Pimpinan KPK yang baru. Kerja besar menunggu. Kembali pada pangkuan pertiwi, kembali pada konstitusi dan hukum.  Hentikan segala kegiatan politik dan penggalangan intelijen. Bekerjalah sistematis dengan penguatan Kordinasi, Supervisi dan Monitoring. Sukses!," tulis Fahri dalam akun twitternya, Jumat (13/9/2019).

Baca Juga: Sempat Menjadi Polemik, Firli Bahuri Ditunjuk Menjadi Ketua KPK yang Baru

Fahri mengatakan, pimpinan KPK yang baru harus bisa demisioner. Ia menilai para pegawai KPK kini kurang profesional dalam menjalankan tugasnya.

"Hentikan demonstrasi. Renungkan kembali makna bekerja untuk negara. Kalian bukan LSM. Konsepnya beda. Tapi yang mau kembali LSM silahkan mengundurkan diri hari ini juga," ungkapnya.

"Sebagai lembaga independen, KPK harus dibersihkan dari kerja politik. Atas nama apapun. Politik hukum KPK adalah politik hukum negara yang diamanahkan konstitusi sebagai 'negara hukum yang demokratis'.  Mari kita beri kepercayaan pada pimpinan baru sambil kita awasi," sambungnya.

Fahri juga meminta semua lembaga bersatu dan mengkonsolidasikan kekuatan demi kedamaian negara. Ia pun mengingatkan soal tantangan besar yang akan dihadapi KPK ke depan.

"Tantangan besar menghadang kita. Ke depan, KPK dengan fungsi supernya yang tidak hilang harus mengutamakan kerja konsolidasi, supervisi dan monitoring.  Jangan percaya bahwa korupsi di Indonesia tidak bisa dihentikan. Itu bohong dan omong kosong. Tertibkan itu!," katanya.

Baca Juga: Tok! Ini Dia 5 Nama Pimpinan Baru KPK 2019-2023

Lebih lanjut, menurut Fahri dengan kekuatannya, KPK menjadi seperti wakil presiden ke-2. Karena itu lah, Fahri meminta para pimpinan KPK untuk bersikap fleksibel dan tidak merasa paling suci.

"Bergaullah secara fleksibel. Jangan sok suci mentang-mentang bisa nyadap dan mengetahui dosa-dosa tersembunyi. Hentikan kegiatan bawah tanah itu! Itu dosa besar.  Hadapilah bangsamu dengan senyum. Percayalah manusia sama saja. (yang bersifat) Iblis sedikit, (yang bersifat) malaikat sedikit. Manusia yang banyak," tandasnya.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Bagaskara Isdiansyah
Category
Nasional

Berita Terkait: