Forgot Password Register

Headlines

Ini Profil 12 Stadion Piala Dunia Rusia Berarsitektur Modern

Ini Profil 12 Stadion Piala Dunia Rusia Berarsitektur Modern Luzhniki Stadium di Rusia. (Foto: Sport Central)

Pantau.com - Piala Dunia 2018 tinggal enam hari lagi. Seluruh mata tertuju ke gelaran empat tahun sekali tersebut, lantas tak bisa dilewatkan begitu saja.

Rusia selaku tuan rumah telah melakukan pergerakan masif terkait infrastruktur, terutama dengan stadion. Arsitektur lama diubah menjadi lebih modern hingga membuat pelaku dan penonton merasa nyaman.

Tercatat banyak stadion baru yang menjadi markas beberapa klub terbesar Rusia, seperti VEB Arena milik CSKA Moskwa yang diperkenalkan pada 2016 begitu juga dengan VTB Arena kepunyaan Dynamo Moskwa.

Dalam pentas Piala Dunia nanti akan ada 12 stadion yang dipilih. Setiap lokasi akan menghelat minimal empat laga di babak grup, dengan alokasi pertandingan babak gugur.

Sebanyak 32 tim akan bertarung menjadi yang terbaik. Lantas masing-masing tim akan bermain di stadion mana saja, berikut profil tempat bermainnya para pejuang si kulit bundar:

1.Luzhniki Stadium


Stadion ini menjadi yang terbesar di Rusia, selain laga pembuka juga akan menjadi tempat perebutan gelar juara. Stadion berkapasitas 81.000 ini tak asing bagi pendukung Manchester United dan Chelsea, sebab pertandingan final Liga Champions 2008 dihelat di sini.

Namun pada 2013 bagian dalam stadion dihancurkan dan dibangun kembali, namun bagian luar yang ikonik tetap sama dengan digabungkan struktur baru.

Nantinya di stadion ini bakal berlangsung empat laga babak grup yaitu Rusia vs Arab Saudi, Jerman vs Meksiko, Portugal vs Maroko, Denmark vs Prancis. Kemudian digunakan pada pertandingan babak 16 besar, semi-final, dan final.

Lokasi Stadion: Moscow
Kapasitas: 81.000

2.Spartak Stadium


Bangunan ini biasa disebut Otkritie Arena, stadion yang menjadi markas klub sepakbola Spartak Moskwa. Kembali dibuka pada 2014 dan digunakan pada Piala Konfederasi 2017 lalu.

Terlepas berstatus tim paling sukses dalam sejarah sepakbola Rusia, Spartak tidak pernah memiliki stadion sendiri hingga arena ini dibangun. Lokasi pertandingan mereka sempat berpindah-pindah di Moskwa. Langkah ini begitu membantu, hingga akhirnya mereka sukses meraih gelar juara pertama kali sejak 15 tahun pada 2016/17.

Salah satu yang unik di stadion ini yaitu keberadaan patung Statrostin bersaudara, pendiri klub, berlokasi di belakang salah satu gawang. Nanti stadion ini menjadi saksi empat laga babak grup antara Argentina vs Islandia, Polandia vs Senegal, Belgia vs Tunisia, Serbia vs Brasil dan juga babak 16 besar.

Lokasi Stadion: Moskow
Kapasitas: 45.360


Klik Next untuk Lanjut...

Share :
Komentar :

Terkait

Read More