Forgot Password Register

Ini Ritual Khusus Pandji Pragiwaksono Sebelum Tampil Stand Up Comedy

Ini Ritual Khusus Pandji Pragiwaksono Sebelum Tampil Stand Up Comedy Pandji Pragiwaksono (Foto: Instagram/@pandji.pragiwaksono)

Pantau.com - Telah malang-melintang dari panggung ke panggung stand up comedy, nyatanya tak jadi jaminan Pandji Pragiwaksono terbebas dari rasa grogi. 

Ternyata setiap akan tampil di depan banyak orang, ayah dua anak itu memiliki kebiasaan khusus untuk terhindar dari demam panggung. 

Pandji Pragiwaksono selalu menyempatkan diri tidur siang jika jadwal manggungnya malam hari. Dan dua jam sebelum tampil, biasanya Pandji sudah mengasingkan diri dari orang lain. 

"Dua jam sebelum manggung harus kosong. Sebelum itu saya tidur. Misalnya saya tampil jam 7 malam, jam 4 udah ke venue. Dan jam 5 sampe jam 7 itu nggak boleh ditempel kegiatan konferensi pers, foto-foto atau apa pun," ungkap Pandji Pragiwaksono, baru-baru ini.

Baca juga: Tak Disangka, Pandji Pragiwaksono Pakai Isu Politik untuk...

Nah, waktu dua jam itu dimanfaatkan Pandji Pragiwaksono untuk menulis ulang seluruh materi stand up comedy dan memperagakannya.

"Biasanya dipojokan supaya orang nggak ganggu. Terus biasanya saya dengerin musik. Sebelum manggung gua juga nonton opener. Opener lucu gua jadi terhibur. Sehingga ketika masuk (panggung) dengan mood positif," tuturnya. 

Tak sampai di situ, komika yang telah empat kali membuat Tur Stand Up Comedy spesial itu masih punya ritual lain. Bintang film 'Ayat-Ayat Cinta 2' itu harus memukul lantai terlebih dahulu sebelum berdiri di atas panggung. 

Baca juga: Pandji Pragiwaksono: Awal Orang Terjun ke Politik Mirip Cerita Dian Sastro

"Sebelum masuk panggung itu biasanya saya nepuk lantai. Plak! Gitu. Kaya 'heh keluar lu grogi'," ujar Pandji Pragiwaksono.

Komedian, aktor, dan presenter itu mengakui menjadi seorang stand up comedy memang sangat sulit. Ia harus menanggung malu sendiri jika bahan leluconnya tidak berhasil membuat penonton tertawa. 

Hal itu pula yang menjadi sebab dirinya masih merasakan demam panggung meski telah bertahun-tahun menggeluti profesi tersebut. 

"Tapi kuncinya persiapan aja. Kalau gua udah matang persiapan, Insya Allah gua baik-baik aja," pungkas Pandji Pragiwaksono.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More