Forgot Password Register

Iran: Seluruh Dunia Tak Ada yang Percaya AS

Iran: Seluruh Dunia Tak Ada yang Percaya AS Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif. (Foto: Reuters/Denis Balibouse)

Pantau.com - Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mengatakan, sulit untuk membayangkan pembicaraan baru dengan AS setelah kehilangan kepercayaan terkait keputusan yang tidak jelas.

"Bayangkan negosiasi sekarang? Bagaimana kita bisa mempercayai mereka?" kata Zarif kepada wartawan pada penyiar negara IRINN yang dikutip melalui AFP, Kamis (9/8/2018).

"Amerika telah ber-zig-zag terus-menerus, jadi sekarang tidak ada yang mempercayai mereka."

Baca juga: Tetap Mesra dengan Iran, China 'Kangkangi' Ancaman AS

Zarif berbicara sehari setelah Washington menerapkan kembali tahap pertama sanksi keras menyusul penarikannya dari kesepakatan nuklir 2015.

Presiden Donald Trump mengatakan dia ingin pembicaraan dengan Iran mengenai kesepakatan baru yang mencakup seluruh "perilaku buruk" di wilayah tersebut, yang telah diberhentikan oleh Iran.

"Ada perbedaan besar kali ini. Sebelum tidak ada yang mendukung Iran. Tapi sekarang, semua negara di dunia mendukung Iran," papar Zarif.

Baca juga: Uni Eropa Jamin Sanksi AS Terhadap Iran Tak Berdampak Terhadap Negara Eropa

Sebelumnya, Presiden Iran Hassan Rouhani menyatakan Amerika Serikat akan menyesal telah menjatuhkan sanksi baru terhadap negaranya. Hal itu membuat Negeri Paman Sam itu akan terkucil dari dunia internasional.

"Amerika akan menyesal memberlakukan sanksi untuk Iran. Mereka sudah terkucil dari dunia, dan kini hendak memberi sanksi pada anak-anak, orang-orang sakit, dan bangsa Iran," kata Rouhani dalam pidato yang disiarkan televisi.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More