Forgot Password Register

Jakarta International Stadium Diklaim Lebih Oke dari GBK

Jakarta International Stadium Diklaim Lebih Oke dari GBK Direktur Proyek Jakarta International Stadium, Iwan Takwin. (Foto: Pantau.com/Wila Wildayanti)

Pantau.com - Direktur Proyek Jakarta International Stadium, Iwan Takwin, menegaskan pembangunan stadion yang rencananya akan dijadikan kandang bagi klub Persija Jakarta ini akan lebih baik dari Stadion Utama Gelora Bung Karno. Itu dilihat dari spesifik pembangunan, desain dan konsultan ternama.

Stadion yang mulai dibangun ini ditargetkan akan selesai pada tahun 2021. Dana pembangunan sendiri berasal dari APBD DKI Jakarta dengan anggaran awal sebesar Rp900 miliar, sedangkan untuk APBD perubahan akan ada tambahan pengajuan Rp500 miliar pada tahun 2020.

Iwan menilai proyek JIS ini lebih baik, direktur yang juga bertanggung jawab membangun Velodrom ini menegaskan bahwa stadion ini bertujuan digunakan untuk masyarakat Jakarta, dan bukan sekadar fokus kepada sepakbola.

"Ini lebih baik daripada GBK karena spesifikasi desainnya proper, bukan hanya standar football karena di sini bisa dilakukan konser musik. Di atas ada jogging trek kita mau masyarakat bisa menikmati bangunan ini dari atas. Atapnya buka tutup orang bisa jalan karena nanti ada paket wisata ada akses yang proper," ujar Iwan di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis 14 Maret 2019.

Baca Juga: Harapan Anies di Balik Pembangunan Jakarta Internasional Stadium

"Stadion ini tujuannya untuk masyarakat Jakarta. Kami harus membuka kalau timnas mau bermain di sini atau digunakan pertandingan internasional juga bisa karena spesifikasinya yang kami gunakan berstandar Piala Dunia,"tambahnya.

Pembangunan stadion ini akan digarap oleh PT. Jakarta Propertindo atau Jak Pro dengan rencana anggaran sendiri memakan biaya hingga Rp5 triliun, proyek tersebut pun ditargetkan rampung pada 2021.

Stadion yang dibangun di atas luas 221 ribu meter persegi itu sendiri melibatkan konsultan asing yang sudah mendesain beberapa stadion di Premier League, sehingga sudah dipastikan bahwa stadion ini akan lebih bagus dari Gelora Bung Karno dan bertaraf internasional.

Baca juga: Anies Resmi Buka Pembangunan Jakarta Internasional Stadium

"Maka dari itu kami melibatkan konsultan asing dari Inggris. Mereka biasa mendesain beberapa stadion di Liga Primer. Merka juga yang mendesain stadion Olimpiade Qatar," ungkapnya.

"Jadi banyak ada spesialis master plan, spesialis sirkulasi penonton jadi ada tim ahli, tinggi kemiringan tribun, tangga tribun dan lain-lain. Mereka tim desain spesialisasi stadion. Mereka juga akan membantu perencana kawasannya juga," tuntasnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More