Forgot Password Register

Jamin Tak Ada Mantan Koruptor, PSI Daftarkan 575 Bakal Caleg ke KPU

Jamin Tak Ada Mantan Koruptor, PSI Daftarkan 575 Bakal Caleg ke KPU Partai Solidaritas Indonesia (PSI) (Foto: Pantau.com/ Dini Afrianti Efendi)

Pantau.com - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) jadi partai kedua setelah Nasdem yang mendaftarkan bakal calon legislatif (bacaleg) nya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Partai besutan Grace Natalie itu mendaftakan 575 bacaleg untuk 80 daerah pemilihan (dapil).

"Hari ini kami menyerahkan formulir dan dokumen-dokumen caleg 575 dari 80 dapil 100 persen," ujar Ketua Umum PSI Grace Natalie di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (17/7/2018).

Baca juga: Partai NasDem Daftarkan 20 Ribu Lebih Bacaleg ke KPU

Grace menjelaskan jika kandidat bacaleg dari partainya memiliki usia rata-rata di bawah 45 tahun. Sehingga ia meyakini jika bacaleg dari PSI  memiliki pemikiran yang baru dan fresh serta produktif saat menjabat.

"Dari seluruh caleg yang maju dari PSI, 60 persen dibawah 45 tahun. 45 persen adalah perempuan 1 dari 2 caleg yang maju perempuan. Kami telah melakukan pengundian nomor urut jadi nomor urut di PSI itu dilajukan dengan pengundian," ungkap Grace.

Wanita yang pernah berprofesi sebagai jurnalis itu menjamin, bahwa bacalegnya tidak ada satupun yang pernah berurusan dengan kejahatan korupsi, "100 persen caleg PSI tidak ada eks napi korupsi," tuturnya.

Baca juga: Dapat Restu dari PAN dan PKS, Gerindra Klaim Prabowo Kantongi Tiket Capres

Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Sumardy menerangkan metode pengundian nomer urut bacaleg dinilai ampuh menghapus kecemburuan antar para caleg yang akan saling berkompetisi.

"Setiap orang punya kesempatan yang sama, nah yang paling penting kenaoa diundi, karena kami ingin mengedukasi masyarakat bahwa memilih caleg itu bukan sekedar memilih nomor tapi kita harus kenal betul, berapapun nomor kita harus ketahui kita research beneran orangnya siapa," paparnya.

Dalam kedatangannya ke KPU Grace selain didampingi Sumardy, ada pula Ketua DPP PSI Tsamara Amany. 

Share :
Komentar :

Terkait

Read More