Forgot Password Register

Headlines

Jangan Cuma 'Nyinyir', Ayo Bantu Negara Kurangi Utang

Jangan Cuma 'Nyinyir', Ayo Bantu Negara Kurangi Utang Ilustrasi (Pixabay)

Pantau.com - Permasalahan utang negara baru-baru ini terus digoreng. Apalagi jelang masa Kampanye Pemilihan Presiden 2019. Buat kita warga Indonesia yang baik, lebih positif sepertinya jika kita juga ikut membantu negara mengurangi utangnya.

Caranya mudahnya, nggak harus jadi orang kaya atau berpendidikan tinggi untuk melakukan beberapa hal berikut;

1. Tak hindari pajak

Kalian yang punya kendaraan pasti nggak cuma yang ada dikota bukan? nah kalian jangan suka menunda pajak, apapun jenisnya. Pajak yang masuk ke pemerintah tak semuanya habis digunakan untuk belanja pegawai, jadi sebagian ada yang digunakan untuk pembangunan dan untuk membayar utang negara. Beberapa waktu lalu Indonesia juga sudah melakukan tax amnesty yakni pengampunan pajak.

Baca juga: Wow, Asumsi Nilai Tukar Rupiah di RAPBN 2019 Diusulkan Rp15.000 per Dolar

2. Menabung

Ko bisa menabung bantu pemerintah? tahu nggak kalu uang kita yang masuk ke bank akan dikelola kembali. Entah untuk pembangunan atau dipinjamkan ke pihak ketiga dimana bunga dari keuntungan itu nantinya akan disetorkan bank ke negara. 

Baca juga: Pak Anies... Pendapatan Usaha Ini Berkurang karena Perpanjangan Ganjil-Genap

3. Aksi galang dana

Langkah ini sudah dilakukan oleh negara tetangga kita yakni Malayasia. Negara yang dirundung masalah korupsi dana 1MDB sebesar US$4,5 miliar ini meluncurkan aksi penggalangan dana bertajuk “Please help Malaysia!”.

Penggalangan dana tersebut bertujuan buat bayar utang Malaysia yang mencapai Rp3.595 triliun. Bahkan, Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad akan memotong gaji kabinetnya sampai 10 persen. Aksi galang dana hingga saat ini mencapai angka US$ 3600 atau setara Rp54 juta. 

Share :
Komentar :

Terkait

Read More