Pantau Flash
BI Prediksi Turis Muslim Akan Capai 158 Juta Orang Tahun Depan
Utang Luar Negeri Indonesia Menjadi 395,6 Miliar Dolar AS
Tol Terpeka Digratiskan Selama Sebulan
Tol Terpeka Diklaim Jadi Jalur Produktif Pulau Sumatera-Jawa
Rupiah Menguat 20 Poin, Kini di Angka Rp14.058-14.120

Jangan Dibuang Ya Gengs! Biji Jeruk Punya 7 Manfaat Ini Lho

Jangan Dibuang Ya Gengs! Biji Jeruk Punya 7 Manfaat Ini Lho Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Selama ini mungkin kita sudah mengetahui dari buah jeruk. Buah dengan warna cerah ini memiliki kandungan air yang banyak serta menyegarkan yang dapat meningkatkan energi. 

Tak hanya dagingnya saja, setiap bagian dari jeruk termasuk ampas, kulit, hingga bijinya ternyata memiliki beragam manfaat bagi tubuh. Biji jeruk yang biasanya dibuang ini justru memiliki manfaat untuk kesehatan lho. Berikut manfaatnya dikutip dari Boldsky.

1. Melawan sel-sel radikal

Kaya akan vitamin C seperti gadingnya, biji jeruk dapat membantu menghilangkan sel-sel radikal yang menyebabkan kerusakan pada DNA. Mereka juga dianggap memiliki dampak yang efektif pada pengurangan risiko kanker usus besar karena kaya akan kandungan vitamin.

2. Meningkatkan energi

Biji jeruk dapat membantu meningkatkan tingkat energi Anda. Asam palmitat, oleat, dan linoleat dalam biji berkontribusi terhadap tingkat energi dalam tubuh Anda dan memungkinkan penyimpanan energi dalam sel. Jadi, lain kali jika Anda merasa lelah dan lesu tanpa alasan, konsumsilah beberapa biji jeruk untuk mendapatkan dorongan energi instan.

Baca juga: Benarkah Mengonsumsi Kacang Kedelai Bisa Merusak Kesehatan?

Ilustrasi (Pixabay)

3. Mengelola tekanan darah

Biji jeruk dikatakan memiliki kemampuan untuk menjaga keseimbangan tingkat tekanan darah Anda. Kaya akan vitamin B6, mereka membantu dalam produksi hemoglobin dan karena kandungan magnesium, mereka juga memainkan peran penting dalam mengelola tingkat tekanan darah dan menjaganya agar tetap di tempatnya.

4. Meningkatkan kekebalan

Kaya akan antioksidan, biji jeruk dapat meningkatkan kekebalan Anda. Vitamin C dalam biji membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan fungsinya, melindungi tubuh Anda dari racun dan penyakit eksternal.

Ilustrasi (PIxabay)

Baca juga: Kamu Harus Tahu, Ini 8 Manfaat Ajaib Hazelnut untuk Kesehatan Tubuh

5. Mengurangi risiko kanker

Kehadiran D-limonene dan vitamin C dalam biji jeruk dapat membantu dalam menurunkan risiko kanker. Senyawa D-limonene membantu membatasi dan mencegah timbulnya kanker paru-paru, kanker kulit, dan bahkan kanker payudara. Demikian juga, antioksidan yang ditemukan dalam biji jeruk meningkatkan kekebalan dan membangun lapisan pelindung terhadap sel-sel kanker. Kandungan serat dalam buah juga dinyatakan bermanfaat dalam memerangi kanker.

6. Mencegah sembelit

Kandungan serat dalam biji jeruk dapat mencegah sembelit. Biji jeruk yang mengandung serat larut dan tidak larut, akan membantu menjaga fungsi usus dan lambung tetap halus. Ini juga mencegah sindrom iritasi usus dan menghindari sembelit karena membantu dalam membuang limbah pada interval yang benar.

7. Mengurangi kolesterol

Fitokimia yang dikenal sebagai limonoid hadir dalam biji jeruk. Ini sangat bermanfaat dalam mengelola kadar kolesterol Anda. Mereka membantu dalam mengurangi kolesterol jahat low-density lipoprotein (LDL). Serat larut dalam biji jeruk juga memainkan peran penting dalam mengurangi kadar kolesterol jahat Anda. 

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam

Berita Terkait: