Forgot Password Register

Jangan Minder Punya Uang Receh, Ayo Tukarkan di Bank

Mahasiswa memegang uang koin Rp200 (Foto:Antara/Aprillio Akbar) Mahasiswa memegang uang koin Rp200 (Foto:Antara/Aprillio Akbar)

Pantau.com - Baru-baru ini banyak kabar yang menyebutkan pedagang menolak uang koin pecahan Rp100 dan uang keras yang buluk alias kucel. Alasannya, uang tersebut tidak bisa dibelanjakan di pasar atau pelanggan menolak uang kembalian. Jangan khawatir, kumpulkan saja bisa ditukarkan di kantor Perwakilan Bank Indonesia di masing-masing daerah ko. Lalu jenis uang seperti apa yang masih bisa di tukar? berikut rinciannya.

1. Uang Lusuh

Bank Indonesia memberikan penggantian sebesar nilai nominal kepada masyarakat yang menukarkan uang lusuh atau uang cacat sepanjang dapat dikenali keasliannya.

2. Uang Rusak

Bank Indonesia dan/atau pihak lain yang disetujui oleh Bank Indonesia memberikan penggantian kepada masyarakat yang menukarkan Uang Rusak sebagai berikut:

a. Apabila uang rusak dapat dikenali ciri-ciri keasliannya dan memenuhi kriteria penggantian uang rusak, masyarakat akan mendapat penggantian dengan uang layak edar sejumlah uang rusak yang ditukarkan.

b. Apabila ciri-ciri keasliannya sulit diketahui, penukar wajib mengisi formulir permintaan penelitian uang rusak untuk penelitian selanjutnya. Uang rusak yang ciri-ciri keasliannya sulit dikenali dapat dikirimkan dalam kemasan yang layak ke Bank Indonesia. Hasil penelitian dan besarnya penggantian akan diberitahukan kemudian.

Yang hobi mengumpulkan uang recek Rp100, kalian nggak usah minder untuk menukar uang. Bank Indonesia juga memberikan beberapa syarat untuk penukaran uang koin ini. Beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait dengan penukaran uang logam adalah sebagai berikut:

1. Uang logam disusun rapi sesuai dengan jenis pecahan, ukuran yang sama, dan tahun emisinya.

2. Uang logam yang telah disusun seperti pada angka 1 di atas dimasukkan dalam kemasan yang transparan.


Share :
Komentar :

Terkait

Read More