Pantau Flash
Terang-terangan Bappenas Minta Fesyen Tanah Air Saingi Uniqlo
Ganjar Minta ASN Jateng Penganut Paham Radikal Segera Mengundurkan Diri
Kena PHP Donald Trump, Huawei Putuskan PHK Karyawan di AS
PN Jaksel Tolak Gugatan Perdata Kasus Pelecehan Seksual di JIS
Produk Kertas RI Melenggang Bebas dari Bea Masuk Anti-Dumping Korsel

Jangan Nyalakan AC Saat Menghidupkan Mobil, Bahaya!

Jangan Nyalakan AC Saat Menghidupkan Mobil, Bahaya! Ilustrasi AC Mobil. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Menyalakan mobil dengan kondisi pendingin udara (AC) menyala akan berdampak buruk pada komponen altenator dan accu (aki).

Kelvin Ong selaku kepala bengkel servis AC Rotary Bintaro mengatakan bahwa menyalakan mobil saat tombol AC dalam posisi menyala merupakan kebiasaan buruk para pengguna mobil yang malas mematikan AC saat selesai menggunakan mobil.

Ia menjelaskan, kebiasaan itu memang tidak terlalu berakibat buruk pada kompresor AC, namun akan membebani kinerja aki yang harus mengeluarkan daya besar untuk memutar dinamo starter saat menghidupkan mesin.

"Ketika mobil dihidupkan, sebenarnya tidak merusak kompresor tapi bikin rusak altenator dan accu," kata Kelvin Ong beberapa waktu yang lalu.

Baca juga: Trik Jitu Membeli Mobil Bekas

"Jadi pada saat mesin mau start, butuh daya yang cukup tinggi," jelas dia.

Kelvin menjelaskan, saat AC dihidupkan, sistem operasi pendingin udara itu akan menyedot daya dari accu untuk menggerakkan kompresor, van, dan blower.

"Jadi beban accu menjadi tinggi saat mesin mau starter, apalagi jika AC-nya hidup," kata dia. "Sebaiknya dimatikan dahulu AC-nya."

Baca juga: Wiper Mobilmu 'Mencicit'? Tak Perlu ke Bengkel, Begini Cara Mengatasinya!

Kendati demikian, Kelvin mengatakan, boleh saja jika menyalakan AC dengan putaran yang tinggi setelah mobil dinyalakan, guna mempercepat proses pendinginan.

"Tak masalah. AC sekarang banyak yang otomatis, langsung ke putaran besar lalu AC akan menyesuaikan. Lama-lama akan mengecil sampai titik suhu tertentu," kata dia.

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Rifeni
Category
Ragam

Berita Terkait: