Forgot Password Register

Jelang Ramadan, BI Daerah Mulai Persiapkan Uang Baru

Petugas menata tumpukan uang rupiah (Foto:Antara/Sigid Kurniawan) Petugas menata tumpukan uang rupiah (Foto:Antara/Sigid Kurniawan)

Pantau.com - Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Surakarta memastikan akan menambah uang baru untuk kebutuhan lebaran 2018 dari estimasi sebelumnya.

"Kalau estimasi sebelumnya kami menyiapkan Rp5 triliun selama lebaran, kalau untuk tambahannya berapa belum kami pastikan. Kami masih harus rapat dengan pihak perbankan lagi," kata Bandoe Widiarto, Kepala BI Kantor Perwakilan Wilayah Surakarta  di sela acara donor darah yang diselenggarakan oleh Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Surakarta di Solo, Rabu (9/5/2018).

Baca juga: Bikin Stress, Ini Perubahan Hidup Kamu Jika Dolar 'Ngamuk'

Pertemuan dengan pihak perbankan tersebut untuk memastikan berapa besar kebutuhan uang baru selama Ramadhan dan lebaran 2018.

Ia mengatakan, penambahan dari estimasi sebelumnya tersebut mengingat ada penambahan hari libur lebaran dari tujuh hari menjadi 12 hari.

"Selain itu, ada penambahan ATM baru sejumlah bank di beberapa titik, pembagian gaji ketiga belas bagi para aparatur sipil negara, dan permintaan beberapa kantor valuta asing," jelasnya.

Baca juga: Mahal Karena Dolar Naik, Yakin THR Anda Buat Beli Gawai?

Sementara itu, mengenai jadwal penukaran uang baru, saat ini pihaknya sedang melakukan penyusunan waktu.

"Kemungkinan mulai minggu pertama atau kedua bulan puasa," katanya.

Ia mengatakan secara teknis cara penukarannya sama seperti tahun lalu. Sedangkan untuk lokasinya yaitu di kantor BI, di tempat-tempat strategis yang telah ditentukan, dan penukaran melalui mobil kas keliling.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More