Forgot Password Register

Jet Tempur Rusia Cegat Pesawat Mata-mata AS di Laut Hitam

Jet tempur Su-30SM. (Foto: Airlines)

Pantau.com - Sebuah pesawat Su-27 Rusia telah mencegat pesawat mata-mata EP-3 milik AS di atas Laut Hitam. Terlihat pesawat mata-mata itu berada sangat dekat dengan jet tempur Rusia.

Melansir RT, Selasa (6/11/2018), dalam video itu, pesawat Su-27 yang terbang dekat dengan pesawat mata-mata AS membawa rudal di pylon sayapnya.

Baca juga: Patri Kekuatan Militer di Laut Tengah, Rusia Kirim Kapal Perang Berpeluru Kendali Kalibr

Angkatan Laut AS mengatakan, pesawat Rusia berada sekitar EP-3 selama sekitar 25 menit. Namun, mereka menyatakan pesawat EP-3 tidak menyalahi aturan Internasional.

"Interaksi ini dipastikan tidak aman karena Su-27 melintas dengan kecepatan tinggi langsung di depan pesawat misi, membahayakan pilot dan awak pesawat," kata pernyataan Angkatan Laut AS.

Kementerian Pertahanan Rusia mengakui insiden itu dan bersikeras bagaimanapun juga Su-27 menjaga jarak aman dari EP-3.

"Awak pesawat tempur melaporkan telah mengidentifikasi pesawat pengintai elektronik AS dan mengiringinya untuk mencegah pelanggaran perbatasan Rusia, sementara mengikuti semua pedoman keselamatan," kata Kementerian Pertahanan Rusia.

Baca juga: Jet Tempur Buatan NASA Bikin Heboh Laman YouTube, Ini Penyebabnya

Pesawat pengintai AS sering mengintip di perbatasan Rusia. Namun Pentagon telah berulang kali mengeluh tentang tindakan Moskow, yang menyebut pilot Rusia terbang dengan cara "tidak profesional" atau "tidak aman".

Kementerian Pertahanan Rusia pada 1 November mengatakan, setidaknya 17 pesawat asing dan UAV dengan misi mata-mata terbang dekat perbatasan Rusia hanya dalam seminggu. Jet-jet tempur tersebut diacak empat kali untuk mencegah potensi pelanggaran perbatasan negara.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More