Pantau Flash
Garuda Indonesia Jalankan Inspeksi Terhadap B-737-800 NG Hasil Temuan FAA
Kemenpora Kucurkan Bonus untuk Tim Bulutangkis Junior
APEC Laporkan Jutaan Dana Raib Pasca KTT di Papua Nugini
Presiden Jokowi Bertemu Pimpinan MPR Bahas Teknis pelantikan
KPK Amankan Uang Rp200 Juta Terkait OTT Wali Kota Medan

Jika Jadi Berkoalisi, PKS Tak Keberatan PAN Ajukan Nama untuk Cawapres Prabowo

Jika Jadi Berkoalisi, PKS Tak Keberatan PAN Ajukan Nama untuk Cawapres Prabowo Ketua Umum Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman (Foto: Pantau.com/Lilis Varwati)

Pantau.com - PAN beberapa kali dikabarkan akan merapat ke 'koalisi segajah' yang mengusung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden 2019. Dengan modal 47 kursi di DPR atau setara dengan 8,6 persen bukan tidak mungkin partai bentukan Amien Aris itu juga akan mengajukan nama cawapres kepada Gerindra. 

Persis seperti yang dilakukan PKS dengan jumlah kursi di DPR sebanyak 40 atau setara dengan 7,4 persen. PKS bahkan telah terang-terangan siap berkoalisi dengan Gerindra dan telah menyodorkan sembilan nama kadernya untuk dijadikan cawapres, menemani Prabowo. 

Baca juga: Presiden PKS Bocorkan Percakapan saat Prabowo 'Disuruh' Jadi Cawapres Jokowi

PKS pun tidak merasa keberatan jika PAN benar-benar berkoalisi dan mengajukan nama untuk cawapres pendamping Prabowo. Seperti yang dikatakan oleh Ketua Umum PKS Sohibul Iman yang membolehkan PAN untuk meminta jatah wakil presiden kepada Gerindra.  

"Gak apa-apa boleh minta. Saya kira dalam komunikasi politik siapa saja boleh mengajukan. PAN boleh, PKS boleh," kata Sohibul ditemui di Balai Kota DKI Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat, Minggu (15/4/2018).

Baca juga: PKS Ajukan Pendamping Prabowo di Pilpres 2019 dari Non Partai?

Sementara untuk keputusan hasil akhir, Sohibul memercayakannya kepada Gerindra. Menurutnya hal utama yang harus dipertimbangkan Gerindra untuk memilih cawapres merupakan soal kaemistrinya. 

"Hasil akhir tergantung pada pihak Gerindra sendiri. Karena harus ada kaemistri. Kalau masalah ini mencalonkan, itu mencalonkan ya gak apa-apa. Nanti kan semuanya juga tergantung kaemistri," ucapnya.

Walau terkesan akan bersaing dengan PAN dalam mendapatkan 'hati' Gerindra untuk posisi cawapres, Sohibul merasa sampai saat ini kaemistri PKS, Gerindra, dan PAN telah terbentuk. 

"Ya, kami dengan PAN dengan Gerindra sangat akrab," pungkasnya. 

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Gilang K. Candra Respaty
Reporter
Lilis Varwati
Category
Nasional