Forgot Password Register

JK Bakal Resmikan Pembukaan Kirab Obor Asian Games 2018

INASGOC (foto: Humas INASGOC) INASGOC (foto: Humas INASGOC)

Pantau.com - Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla dijadwalkan akan membuka penyelenggaraan torch relay atau kirab obor Asian Games di Yogyakarta, Rabu 18 Juli 2018.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) Erick Thohir di Jakarta, Kamis (12/7/2018).

“Kami akan mulai (kirab obor) Insya Allah pada 14-16 Juli, saya ke India untuk mengambil api abadi dan langsung dibawa ke Mrapen (Grobogan, Jawa Tengah). Akan diterima oleh Ibu Puan (Maharani, MenkoPMK) dan Menpora (Imam Nahrawi),” kata Erick.

Baca juga: Venue Paralayang Siap Gelar Asian Games 2018

“Nanti tanggal 18 di Prambanan akan diresmikan langsung oleh Wapres Jusuf Kalla dan didukung oleh panglima dan angkatan udara yang memang markasnya di Yogyakarta,” sambung Erick.

Erick menjelaskan, kirab obor Asian Games 2018 rencananya akan melewati 18 Provinsi dan 54 daerah di seluruh Indonesia. Tujuannya, untuk memperkenalkan bagaimana keberagaman yang ada di seluruh Indonesia.

Selain itu, ia mengatakan, kirab obor Asian Games 2018 juga sekaligus untuk mengajak masyarakat tanah air turut merasakan euforia pesta olahraga empat tahunan tersebut. Mengingat, Indonesia terakhir kali menjadi tuan rumah Asian Games pada tahun 1962 lalu.

“Pesannya sederhana. Kami ingin Asian Games 2018 menggema di seluruh wilayah Indonesia. Jangan hanya di Palembang dan Jakarta saja. Tetapi kota-kota lain juga merasa jadi bagian, seperti yang diamanahkan Presiden (Joko Widodo) waktu itu, supaya kalau bisa event ini jadi milik Indonesia,” lanjut Erick.

Baca juga:2 Artis Cantik Jadi Pembawa Obor Asian Games 2018 

Kirab obor Asian Games 2018 akan diikuti oleh 819 orang yang terdiri dari atlet, artis, serta pelari dari daerah masing-masing. Sejauh ini, Erick mengatakan sudah 40 atlet yang konfirmasi akan mengikuti kirab obor tersebut.

Nama-nama legenda macam Taufik Hidayat, Rudi Hartono, Yayuk Basuki, Umar Syarief, dan lain sebagaimana. Sementara itu, legenda bulu tangkis Indonesia Susy Susanti akan didapuk sebagai pembawa obor pertama di Yogyakarta.

Selain itu, INASGOC juga menggandeng sejumlah artis Ibu Kota untuk ikut meramaikan kirab obor Asian Games 2018. Sekadar informasi, dua artis cantik Dian Sastrowardoyo dan Mikha Tambayong akan ikut membawa obor Asian Games 2018.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More