Forgot Password Register

Headlines

Jokowi Diminta Usut Tuntas Kejanggalan Impor Beras Kemendag

Jokowi Diminta Usut Tuntas Kejanggalan Impor Beras Kemendag Presiden Joko Widodo (Foto: Antara/Puspa Perwitasari)

Pantau.com - Perkara impor beras oleh Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menjadi perhatian banyak pihak. Salah satunya dari Mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Rial Ramli. 

Ia menilai bahwa kasus impor beras harus diurut tuntas. Menurutnya sejumlah rentetan impor ini juga menjadi telah merugikan sejumlah petani Indonesia. Dimana ada kelebihan impor garam sebanyak 1,5 juta ton, gula 2 juta ton beras 1 juta ton.

"Impor beras 2 juta ton itu hampir 1 miliar dolar atau Rp15 triliun, harga di Bangkok Rp5.400 plus transport, shipping dan asuransi," ujarnya, Rabu (26/9/2018).

Baca juga: Pemerintah Patok Harga Ayam dan Telur di Tingkat Peternak, Jamin Harga Stabil?

Secara perhitungan, sampai di Indonesia harganya Rp6.000, dimana para importir ini menjual Rp10.000. Dalam hal ini Rizal mencurigai adanya 'upah' terhadap pejabat yang mengalir sehingga impor beras terus dilakukan.

"Kalau kasih pejabat Rp1.000 perak saja, 2 juta ton Rp2 triliun. Rp2.000 perak kalikan saja. Belum bawang putih. Nah kamikan minta pak Jokowi tegas dong yang kaya begini harus dipecat mohon maaf karena ini kriminal," tegas Rizal Ramli.

Ia juga mengingatkan Jokowi bahwa para petani ini ditahun 2014 merupakan pendukungnya. Sehingga jika impor terus dilakukan, tidak mungkin Jokowi juga harus siap kehilangan dukungan para petani.

Jika Jokowi melakukan langkan pengurangan impor ia menilai, bahwa Presiden Jokowi bisa dibilang pahlawan.

"Katanya ngaku berpihak pada rakyat kecil, buktikan dong. Ada orang yang dapat uang gede banget dari proses ini," ungkapnya.

Baca juga: Blak-blakan Soal Data Pajak Impor, Rizal Ramli: Itu Komoditi Ecek-ecek

Rizal Ramli juga mengaku bahwa dirinya mengenal salah satu pejabat yang dimintai tolong melobi rekomendari impor bawang putih. 

"Ia naik itu pesawat eksekutif class, hotel bintang lima di London akur juga dengan salah satu pejabat menteri itu dikasih uang 200 kalau kasih rekomendasi sekian untuk bawang putih," ceritanya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More