Forgot Password Register

Jokowi Diprediksi Akan Lampaui Rekor SBY di Pilpres 2009

Jokowi Diprediksi Akan Lampaui Rekor SBY di Pilpres 2009 Jokowi-Ma\'ruf Amin (Ilustrasi: Pantau.com/Amin H Al Bakki)

Pantau.com - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menyebut Paslon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin berpotensi mematahkan rekor dukungan tertinggi dalam pilpres yang masih dipegang Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). 

Jokowi disebut bisa melampaui jumlah suara yang didapat SBY saat Pilpres 2009, yakni sebesar 60,8 persen.

"Jokowi-Ma'ruf punya potensi memecahkan dukungan tertinggi dalam pemilu presiden langsung yang kini masih dipegang oleh SBY tahun 2009 yaitu 60,8 persen," kata Peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa di kantornya, Jakarta, Jumat (12/4/2019).

Baca juga: Jokowi Tegaskan Tak Akan Bentuk Tim Khusus Soal Surat Suara Tercoblos

Ardian memaparkan, kemenangan Jokowi-Ma'ruf diprediksi akan menang telak dengan perolehan suara antara 55,9 persen  hingga 65,8 persen. Sementara suara Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sekitar 34,2 persen hingga 44,1 persen.

Menurutnya, ada tiga kantong pemilih yang paling menentukan kemenangan Jokowi-Ma'ruf, yaitu pemilih minoritas, pemilih wong cilik, dan kantong besar muslim dari komunitas Nahdlatul Ulama.

Selain itu, sejak Agustus 2018, Jokowi-Ma'ruf juga menang pada lima segmen pemilih, yaitu milenial, muslim, minoritas, emak-emak, dan wong cilik. Tapi kalah di kalangan terpelajar.

Baca juga: Sandiaga Uno Berhasil Pecahkan Rekor MURI

Sementara untuk pemilih golput, menurut Ardian akan terbelah dua. Diperkirakan jumlah pendukung Jokowi maupun Prabowo yang tidak menggunakan hak suaranya akan sama. 

"Dalam survei ini golput diasumsikan terbagi proporsional dan sisa hari sebelum pencoblosan tidak mengubah dukungan secara signifikan," ucapnya.

Survei LSI Denny JA tersebut dilakukan terhadap 2000 responden yang diwawancara secara langsung pada 4-9 April 2019 dengan margin of error sebesar 2,2 persen. 

Share :
Komentar :

Terkait

Read More