Forgot Password Register

Jokowi Minta Indonesia Jaga Kepercayaan Dewan Keamanan PBB

Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Antara/R. Rekotomo) Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Antara/R. Rekotomo)

Pantau.com - Presiden Joko Widodo menyambut baik terpilihnya Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB. Elemen penting Tanah Air pun memberikan respon positif.

"Peran Indonesia di tingkat global akan semakin meningkat dengan terpilihnya Indonesia menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB periode 2019-2020 mewakili Asia-Pasifik. Dalam Sidang Majelis Umum PBB kemarin, Indonesia didukung 144 suara dari 190 negara anggota PBB yang hadir. Dukungan ini melebihi 2/3 dari anggota PBB," tulis Jokowi di akun Facebook Joko Widodo seperti dikutip Pantau.com, Senin (11/6/2018)

Baca juga: Masuk Anggota DK PBB, Ini Catatan LSM untuk Indonesia

Ia mengatakan, hasil tersebut harus dimanfaatkan sebaik-baiknya guna mendukung stabilitas keamanan dan kedamaian di dunia.

"Amanah masyarakat internasional kepada Indonesia ini akan kita jalankan sebaik-baiknya untuk memberi kontribusi nyata bagi perdamaian, kemanusiaan dan kesejahteraan di kawasan dan global," papar mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Menurutnya, hal itu sebagai nilai tambah jika demokrasi dan toleransi di Indonesia diperhitungkan untuk membantu PBB.

"Terpilihnya Indonesia menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB adalah cerminan penghargaan masyarakat internasional terhadap rekam jejak Indonesia, dan melihat demokrasi dan toleransi di Indonesia sebagai aset untuk Indonesia dapat berperan aktif di DK PBB," pungkasnya.

Baca juga: Suara Tanah Air Iringi Keberhasilan Indonesia Tembus DK PBB

Indonesia memenangi kursi DK PBB untuk grup kawasan Asia-Pasifik melalui proses pemilihan di Majelis Umum PBB yang berlangsung di Markas Besar PBB di New York, Amerika Serikat pada Jumat pagi (8 Juni 2018) waktu setempat.

Sebelumnya Indonesia tercatat pernah menjadi anggota tidak tetap DK PBB pada periode 1973-1974, 1995-1996 di era Presiden Soeharto dan 2007-2008 di zaman Presieden Susilo Bambang Yudhoyono.Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya Indonesia sebagai anggota tidak tetap DK PBB.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More