Forgot Password Register

JPU Tolak Pembelaan Setya Novanto, Ini Alasannya

JPU Tolak Pembelaan Setya Novanto, Ini Alasannya Setya Novanto (Foto: Antara/Reno Esnir)

Pantau.com - Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK menolak pembelaan Setya Novanto dan tetap bersikukuh pada tuntutannya. JPU beralasan, pembelaan mantan Ketua DPR RI itu tidak masuk akal dan tidak tepat.

"Secara umum kita menolak nota pembelaan terdakwa dan kami tetap pada tuntutan kami pada Kamis, 29 Maret 2018," ujar Jaksa Wawan di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Jumat (13/4/2018)

Baca juga: Setya Novanto Ungkapkan Penyesalannya Telah Mengenal Johannes Marliem

Selain menjadi hal yang lumrah terjadi perdebatan antar jaksa dan penasehat hukum di persidangan, alasan lainnya JPU menolak nota pembelaan Novanto karena argumen yang disampaikan cenderung tidak masuk akal.

"Ya bahwa argumen-argumen yang diajukan penasehat hukum, kami anggap enggak pas, tidak tepat, jadi kita menolak semua pembelaan," tutur Jaksa Abdul Basir saat dikonfirmasi.

Meski begitu, terdakwa Setya Novanto bersama tim penasehat hukum juga tetap pada pendiriannya melakukan pembelaan, "Kami tetap pada pembelaan," sahut Novanto menanggapi.

Baca juga: Setya Novanto Baca Puisi di Akhir Pleidoi, Menyindir Siapa?

Dalam sidang nota pembelaan hari ini Novanto menyampaikan beberapa keberatannya dari mulai tuntutan 16 tahun penjara, denda Rp1 miliar, dan subsider 6 bulan dianggap sangat berat.

Novanto juga meminta hakim untuk memberikan putusan seadil-adilnya lantaran faktor usia, kesehatan, dan dakwaan KPK yang dianggap tidak terbukti dirinya mengintervensi anggaran proyek e-KTP.

Selain itu, Novanto juga meminta hakim untuk mencabut pemblokiran aset dan tabungan yang dibekukan, karena masih memiliki tanggungan istri dan keempat anaknya yang masih bersekolah. 

Share :
Komentar :

Terkait

Read More