Pantau Flash
BI Prediksi Turis Muslim Akan Capai 158 Juta Orang Tahun Depan
Utang Luar Negeri Indonesia Menjadi 395,6 Miliar Dolar AS
Tol Terpeka Digratiskan Selama Sebulan
Tol Terpeka Diklaim Jadi Jalur Produktif Pulau Sumatera-Jawa
Rupiah Menguat 20 Poin, Kini di Angka Rp14.058-14.120

Jual Saham Zozo ke Yahoo Jepang, Miliarder Yusaku Maezawa Lepas Jabatan

Headline
Jual Saham Zozo ke Yahoo Jepang, Miliarder Yusaku Maezawa Lepas Jabatan Miliarder Jepang Yusaku Maezawa (kiri) dan Elon Musk (Foto: Instagram/yusaku2020)

Pantau.com - Miliarder Jepang Yusaku Maezawa telah setuju untuk menjual saham perusahaannya fashion online Zozo ke Yahoo Jepang sebagai bagian dari kesepakatan senilai $3,7 miliar ($3 miliar).

Maezawa, yang dikenal karena koleksi seninya yang ambisius dan ambisi perjalanan ruang angkasa, juga akan mengundurkan diri sebagai kepala eksekutif.

Zozo adalah pengecer mode online terbesar di Jepang tetapi baru-baru ini berjuang keras dengan penurunan laba. Perusahaan juga melakukan upaya yang gagal pada pakaian sesuai kebiasaan, dan kemudian menutup operasi Eropa dan AS.

Baca juga: 6 Prasyarat Agar Indonesia Bisa Jadi Negara Maju di Tahun 2045

Yahoo Jepang, anak perusahaan konglomerat teknologi dan investasi Softbank, telah menawarkan untuk membayar 400 miliar yen untuk 50,1 persen saham di Zozo.

Langkah ini akan memungkinkan Yahoo Jepang untuk lebih bersaing dengan saingannya Amazon dan Rakuten.

Sebagai bagian dari kesepakatan, Maezawa setuju untuk menjual saham sekitar 30 persen ke Yahoo Jepang dan akan mengundurkan diri dari jabatan teratas Zozo.

"Saya akan mempercayakan Zozo kepada presiden baru dan mengambil jalan saya sendiri," katanya dalam posting Twitter.

Baca juga: Balasan 'Manis' China: 16 Produk AS Bebas dari Kenaikan Tarif Baru

Pria yang terkenal sebagai drummer di band punk Switch Style ini rupanya banyak mengumpulkan pundi-pundi uangnya dari dunia mode. Menurut Forbes ia juga telah menghabiskan banyak hartanya untuk seni.

Maezawa memiliki tweet yang paling banyak di-retweet. Tahun lalu ia dinobatkan sebagai penumpang pribadi pertama yang diterbangkan mengelilingi Bulan oleh SpaceX, perusahaan yang dimiliki oleh miliarder terkenal lainnya, Elon Musk.

Hinga saat ini berapa harga tiket yang dikeluarkan Maezawa untuk ke ruang angkasa belum diungkapkan, tetapi menurut Elon Musk itu "banyak uang".

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Nani Suherni
Category
Ekonomi

Berita Terkait: