Forgot Password Register

Jumlah Guru Pensiun Terbesar Terjadi Tahun 2022, Kesempatan Buat Kamu!

Jumlah Guru Pensiun Terbesar Terjadi Tahun 2022, Kesempatan Buat Kamu! Diskusi Forum Merdeka Barat (FMB) 9, Kementerian Komunikasi dan Informasi, Jakarta Pusat, Selasa (12/3/2019). (Foto: Pantau.com/Ratih Prastika)

Pantau.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengungkapkan Indonesia akan mengalami jumlah guru pensiun terbesar sepanjang waktu. Sekretaris Jenderal Kemdikbud, Didik Suhardi mengatakan hal ini harus diantisipasi untuk memastikan ketersediaan guru.

"Gambaran data guru pensiun, berdasarkan data yang ada pada kami; tahun 2022 akan terjadi puncak guru pensiun terbesar 85.650 guru, yang akan pensiun tentu perlu diantisipasi," ujarnya saat ditemui dalam diskusi Forum Merdeka Barat (FMB) 9, Kementerian Komunikasi dan Informasi, Jakarta Pusat, Selasa (12/3/2019).

Baca juga: Saham Boeing Anjlok, Pihak Asuransi Kewalahan Hadapi Klaim

Sehingga kata dia, saat adanya rekrutmen bukan hanya mempertimbangkan guru baru namun juga memastikan kebutuhan guru untuk mengganti guru pensiun juga tercukupi.

"Sehingga nanti saat rekrutmen baru bukan hanya merekrut baru tapi juga memperhitungkan yang pensiun, sehingga tidak terjadi kekurangan Guru di lapangan," terangnya.

Lebih lanjut kata dia, saat ini ada 3 macam kondisi yang mendesak pemenuhan tenaga pengajar atau guru. Salah satunya untuk pengganti guru yang pensiun pada tahun 2022, pihaknya akan berkoordinasi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Rasa Birokrasi (Menpan RB) agar rekrutmen dapat dilakukan dengan transparan.

Baca juga: Pak Enggar, Dapat Pesan Nih dari Eks Menteri Perdagangan Mari Elka

"Terkait itu, perlu kami smapaikan bahwa untuk rekrutmen guru ada 3 macam, satu untuk memenuhi kekurangan guru, kedua untuk memenuhi karena penambahan akses seperti ruang kelas baru dan lain-lain, ketiga memenuhi yang pensiun," katanya. 

"Tentu ini kami akan koordinasi dengan Menpan RB agar yang pensiun bisa dipenuhi dari rekrutmen terbuka jadi insyaAllah dengan koordinasi yang baik kita bisa dapat yang terbaik juga," pungkasnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More