Forgot Password Register

Kadin: Minggu Ini Batas Pengusaha Cairkan THR Karyawan

Rupiah (Foto: Pantau.com/Amad) Rupiah (Foto: Pantau.com/Amad)

Pantau.com Sesuai dengan UU No.13 tahun 2003 tentang Ketegakerjaan dan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) No.6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya (THR) Keagamaan Bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan serta Surat Edaran No.2 Tahun 2018 tentang Pembayaran THR Keagamaan tahun 2018 yang mensyaratkan bahwa pembayaran THR paling lambat 7 (tujuh) hari sebelum hari raya keagamaan.

Karena perkiraan Idul Fitri 1439 H jatuh pada tangga 15-16 Juni 2018 maka proses pembayaran THR sudah dapat dilaksanakan minggu ini. 

"Jika mengacu pada ketentuan seminggu sebelum hari H maka pembayaran paling lambat tanggal 8 Juni 2018," ujar Sarman Simanjorang, Wakil Ketua Umum Kamar Dagang DKI Jakarta.

Baca juga: Pilot Garuda Ancam Mogok, YLKI: Pelanggaran Hak Konsumen

Melalui keterangan presnya, Sarman juga mengingatkan, lebih baik pengusaha membayarkan lebih awal sebelum tanggal 8 Juni mengingat tanggal 11 Juni sudah memasuki libur bersama sesuai kebijakan pemerintah.

Dengan pembayaran yang lebih cepat diharapkan para pekerja dapat lebih awal membelanjakan berbagai kebutuhan Iduel Fitri termasuk persiapan mudik.

"Kami menghimbau kepada seluruh pengusaha di Jakarta agar minggu ini sudah membayarkan THR kepada para pekerjanya dengan mengacu pada peraturan dan kebijakan yang ada," tegasnya.

Apabila diantara pengusaha ada yang  tidak dapat melaksanakan kewajibanya membayar THR sesuai dengan ketentuan yang ada maka diharapkan agar segera melakukan perundingan Bipartit untuk mencari solusi yang terbaik untuk kelangsungan dan kepentingan bersama. 

Baca juga: Menhub Yakin Pilot Garuda Tak Mogok Kerja Saat Mudik Lebaran

Ia juga meminta, jika perusahaan memang tidak bisa membayar THR, maka harus ada transpraransi sehingga tidak menimbulkan gejolak yang pada akhirnya mengganggu hubungan industrial. 

Terkait transaksi jual beli, pihaknya melihat mulai minggu ini volume transaksi ekonomi semakin naik karena masyarakat mulai berbelanja untuk berbagai kebutuhan lebaran. 

"Bahkan pengamatan kami di berbagai pusat perbelanjaan pada hari minggu 3 Juni 2018 jumlah pengunjung sudah mulai membludak untuk berbelanja,"pungkasnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More