Forgot Password Register

Kalapas Sukamiskin Terciduk KPK, Ini Kecemasan Sudirman Said

Kalapas Sukamiskin Terciduk KPK, Ini Kecemasan Sudirman Said Gedung KPK. (Foto: Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com - Selaku pencetus gerakan anti korupsi, Sudirman Said, mengaku cemas dengan tertangkap tangannya Kepala Lapas Sukamiskin Bandung. Pasalnya lapas itu jadi tempat ditahannya para koruptor.

"Saya agak cemas sekarang, karena di Sukamiskin itu berhimpun napi-napi yang dihukum karena korupsi. Saya khawatir lapas Sukamiskin itu bisa overcapacity," ujar Sudirman Said di Gondangdia, Jakarta Pusat, Sabtu (21/7/2018).

Baca Juga: KPK OTT Kepala Lapas Sukamiskin


Sudirman mencurigai, banyak praktik korupsi terjadi di dalam lapas, antara para petugas dan tahanan, sehingga ada perjanjian yang tidak seharusnya, padahal lapas adalah tempat hukuman bagi pelaku kejahatan.

"Itu juga jadi korban praktik-praktik korupsi di dalam lapas. Kalau lapas dianggap sebagai pertahanan terakhir penegakan hukum, kalau jebol gitu saya betul-betul cemas. Hulu-hilir kita dari sisi penegakan hukum sangat memprihatinkan," terang Sudirman.

Ke depan Sudirman berharap proses tidak berhenti pada OTT saja, tapi juga sampai persidangan, sehingga dapat diketahui modus dan operasi yang terjadi di dalam lapas.

"Mudah-mudahan nanti dengan diungkapkan ini kita bisa melihat praktik-praktik pemasyarakatan kembali para napi dan saya kira akan terungkap dalam persidangan," jelasnya.

Sementara itu, KPK melakukan OTT amankan enam orang petugas Lapas Sukamiskin, termasuk diantaranya Kalapas Wahid Husen.


Share :
Komentar :

Terkait

Read More