Pantau Flash
Sesmenpora: Tidak Mungkin Indonesia Juara Umum Sea Games
Parah! Oknum Satpol PP Bobol Bank DKI Sejak Mei dengan Kerugian Rp32 Miliar
Indonesia Alami 3271 Kali Bencana Alam Selama Tahun 2019
Gali Septic Tank, Buruh Bangunan di Papua Temukan Ratusan Amunisi Artileri
Catat! Ada Denda Rp300 Ribu Jika Anda ‘Ngasal’ Kendarai GrabWheels

Kamu Harus Tahu, Ini 8 Manfaat Ajaib Hazelnut untuk Kesehatan Tubuh

Kamu Harus Tahu, Ini 8 Manfaat Ajaib Hazelnut untuk Kesehatan Tubuh Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Hazelnut merupakan kacang yang berasal dari pohon Corylus. Hazelnut atau biasa disebut filber, kaya akan protein, lemak, vitamin hingga mineral.

Hazelnut juga dapat dikonsumsi dengan berbagai olahan, termasuk dimakan dalam bentuk yang mentah, ditumbuk, atau dipanggang yang biasa dihidangkan untuk makanan tambahan Anda yang ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut  manfaat hazelnut dikutip dari Boldsky.

1. Mengurangi risiko obesitas

Hazelnut meningkatkan metabolisme dan membantu menurunkan berat badan. Peningkatan metabolisme diartikan juga peningkatan laju pembakaran kalori yang kemudian diubah menjadi energi. Menurut sebuah penelitian, kacang ini dapat mengurangi kemungkinan obesitas karena mereka meningkatkan metabolisme.. Selain itu, hazelnut kaya akan protein, lemak, dan serat yang memberikan rasa kenyang yang dapat mencegah Anda mengemil saat waktu santai.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Hazelnut merupakan sumber antioksidan dan asam lemak omega 9 yang sangat baik. Ini berkontribusi pada peningkatan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat. Selain itu juga membantu mencegah penumpukan plak di arteri, sehingga menurunkan risiko serangan jantung, stroke, dan penyakit jantug.

Menurut sebuah penelitian, diet dengan hazelnut dapat menurunkan risiko pada masalah kardiovaskular dengan menurunkan kolesterol lipoprotein densitas rendah.

Baca juga: Benarkah Mengonsumsi Kacang Kedelai Bisa Merusak Kesehatan?

Ilustrasi (Pixabay)

3. Mencegah kanker

Hazelnut dikemas penuh dengan antioksidan kuat yang dapat mengurangi efek radikal bebas dalam tubuh pemicu kanker. Hazelnut dan kacang lainnya mengandung antioksidan yang disebut proanthocyanidins yang dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker. Hazelnut juga merupakan sumber vitamin E yang baik, antioksidan kuat lainnya yang melindungi terhadap kerusakan sel yang telah dikaitkan dengan kanker.

4. Mengelola diabetes

Menurut sebuah penelitian, hazelnut dapat membantu mengurangi kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Asam oleat, sejenis asam lemak dalam hazelnut, dikatakan memiliki efek menguntungkan pada sensitivitas insulin.

5. Menurunkan risiko peradangan

Hazelnut memiliki sifat anti-inflamasi karena konsentrasi tinggi lemak sehat di dalamnya. Pola makan dengan mengonsumsi hazelnut dapat mengurangi kemungkinan peradangan pada individu yang kelebihan berat badan dan obesitas.


Ilustrasi (Pixabay)

Baca juga: Awas, Polusi Udara Dapat Memicu Resiko Diabetes

6. Meningkatkan kesehatan otak

Hazelnut dianggap sebagai makanan super penguat otak karena kaya akan vitamin E, mangan, tembaga, dan folat. Vitamin E dan magnesium memainkan peran utama dalam fungsi kognitif dan mengurangi risiko penyakit terkait usia seperti alzheimer, parkinson, dan demensia. Sebuah studi penelitian yang dilakukan di Oregon State University menunjukkan bahwa konsentrasi yang lebih rendah dari zat gizi mikro ini berkaitan dengan peningkatan risiko masalah kesehatan yang berkaitan dengan usia.

7. Menjaga kesehatan tulang

Kehadiran kalsium dan magnesium dalam hazelnut berkontribusi pada tulang agar lebih sehat dan kuat. Hazelnut meningkatkan kepadatan mineral tulang dan menurunkan kemungkinan osteoporosis dan osteoartritis.

8. Meningkatkan jumlah sperma

Menurut European Society of Human Reproduction and Embryology, memakan kacang-kacangan seperti hazelnut, kenari, almond, dapat meningkatkan kualitas dan fungsi sperma.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam

Berita Terkait: