Pantau Flash
Jokowi kepada Seluruh Kementerian: Belanjakan DIPA 2020 Secepat-cepatnya
Timnas U-22 Indonesia Terancam Tanpa Pemain Senior di SEA Games 2019
YLKI Desak Anies Baswedan Atur Keberadaan Otopet Listrik
Puan: Brimob Harus Makin Galak dengan Terorisme!
Penerimaan Bea Keluar Nikel Ekspor Melonjak Akibat Larangan Ekspor

Kamu Suka Lupa? 7 Makanan Ini Efektif untuk Tingkatkan Daya Ingat

Kamu Suka Lupa? 7 Makanan Ini Efektif untuk Tingkatkan Daya Ingat Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Otak adalah organ yang paling penting dari tubuh, karena otak bertanggung jawab untuk kinerja jantung, melepaskan hormon, dan mengatur tekanan darah. 

Otak juga merupakan salah satu organ yang menggunakan sekitar 20% dari kalori tubuh. Ini adalah alasan mengapa tubuh Anda membutuhkan cukup bahan bakar untuk mempertahankan konsentrasi sepanjang hari.

Otak membutuhkan nutrisi tertentu seperti asam lemak omega-3, antioksidan, vitamin, dan mineral lainnya untuk menyediakan energi dan melindungi dari penyakit otak seperti penuaan otak dan gangguan neurodegeneratif.

Apa Saja Makanan yang Bermanfaat Untuk Tingkatkan Daya Ingat Otak?

Dikutip dari Boldsky, berikut 7 makanan yang efektif untuk menjaga dan meningkatkan daya ingat Anda.

1. Berry

Baca juga: Mengenal 5 Manfaat Minyak Ikan Untuk Kesehatan Tubuh

Buah berry mengandung antioksidan yang meliputi catechin, quercetin, anthocyanin, dan asam caffeic. Sebuah studi menunjukkan bahwa senyawa antioksidan dalam buah ini memiliki banyak efek positif pada otak, termasuk meningkatkan komunikasi antara sel otak, meelindungi dari penyakit neurodegeneratif, meningkatkan pembelajaran serta memori.

2. Alpukat

Alpukat adalah sumber dari lemak tak jenuh tunggal sehat yang mendukung fungsi otak dan menurunkan risiko penurunan kognitif. Selain itu, kandungan vitamin K dan folat di alpukat membantu meningkatkan fungsi kognitif. Sumber lain dari lemak tak jenuh tunggal juga terdapat pada kacang almond, biji Chia, kenari, dan sebagainya.

3. Minyak ikan

Minyak ikan seperti makarel, salmon, tuna, sarden, dan herring adalah sumber yang sangat baik asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 dapat membantu meningkatkan struktur sel otak yang disebut neuron. Menurut sebuah studi, orang yang mengonsumsi omega-3 dapat membantu memperlancar aliran darah di otak.

4. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian kaya akan vitamin E dan asam lemak omega-3 yang melindungi sel otak dari stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Sebuah studi menemukan bahwa mengonsumsi asupan kacang dan biji-bijian dapat meningkatkan fungsi otak yang lebih baik untuk di usia lanjut.

Baca juga: Konsumsi 5 Makanan Ini Baik Untuk Kesehatan Otak

5. Brokoli

Brokoli adalah sumber yang baik dari antioksidan dan vitamin K. Vitamin K adalah vitamin yang larut dalam air yang dapat meningkatkan memori pada orang dewasa, menurut sebuah studi pada 2016.

6. Telur

Telur merupakan makanan yang dapat meningkatkan memori karena mengandung jumlah tinggi vitamin B seperti vitamin B6, vitamin B12, dan asam folat. Sebuah studi penelitian menunjukkan bahwa vitamin ini menunda penurunan kognitif dan mencegah penyusutan otak.

7. Kopi

Kopi mengandung kafein dan antioksidan yang memiliki efek positif pada otak Anda. Kafein meningkatkan kewaspadaan otak dengan menghalangi adenosin --bahan kimia yang membuat Anda mengantuk. Hal ini juga meningkatkan serotonin, neurotransmitter, yang membuat Anda merasa baik.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam

Berita Terkait: