Forgot Password Register

Kapan Setya Novanto Akan Divonis? Ini Dia Tanggalnya

Setya Novanto (Foto: Antara/Muhammad Adimaja) Setya Novanto (Foto: Antara/Muhammad Adimaja)

Pantau.com - Usai menjalani 24 persidangan, nasib terdakwa kasus korupsi e-KTP Setya Novanto akan ditentukan oleh ketukan palu Hakim Pengadilan Tipikor, pada Selasa, 24 April 2018.

"Kita lanjutkan tanggal 24 (April), putusan yang kita agenda kan tanggal 24 hari Selasa," ujar Ketua Majelis Hakim Yanto di Pengadilan Tipikor, Jumat (13/4/2018).

Perjalanan kasus Setya Novanto telah bergulir selama 5 bulan lamanya, sejak dimulai pada sidang perdana pada 6 Desember 2017. Berbagai drama terjadi sebelum Novanto duduk di kursi pesakitan. Dimulai dari mangkirnya Novanto dari penyidikan KPK, hingga peristiwa kecelakaan yang menimbulkan polemik.

Bahkan kecelakaan itu berbuntut panjang dengan KPK menetapkan mantan pengacara Novanto Fredrich Yunadi dan Dokter Bimanesh Sutarjo sebagai tersangka menghalang-halangi penyidikan.

Tidak hanya itu, penyebutan nama-nama besar dalam persidangan Novanto juga berhasil membuat heboh dari mulai mempertanyakan kebijakan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dan penyebutan nama Menko PMK Puan Maharani serta Sekretaris Kabinet Pramono Anung dalam persidangan e-KTP.

Sebagai terdakwa Novanto diduga mengintervensi anggaran proyek E-KTP, dan disebut ikut menikmati aliran dana 'haram' menerima USD7,3 juta.

Novanto disebut melanggar Pasal 2 ayat (1) UU No.31/1999 Junto UU No.20/2001 Junto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP dengan nomor perkara 130/Pos.Sus-TPK/2017/PN Jkt.Pst.

Akibat itu, Novanto dituntut JPU dengan kurungan selama 16 tahun, denda Rp1 miliar dengan subsider selama 6 tahun. 

Share :
Komentar :

Terkait

Read More