Forgot Password Register

Kata Menteri Basuki Soal Kerugian Fisik Akibat Bencana di Indonesia

Bangunan rusak akibat gempa di Palu (Foto: Antara) Bangunan rusak akibat gempa di Palu (Foto: Antara)

Pantau.com - Sebagai lembaga yang paling banyak mengalami kerugian fisik, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah berupaya menghitung kemungkinan kerugian fisik dari dampak bencana alam yang ada di Indonesia.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan, deretan bencana alam terjadi pemerintah Indonesia telah menerapkan cepat tanggap untuk mengevakuasi korban.

"Kami tentukan target bahwa dalam waktu 2 minggu kami akan selesai termasuk kepada pasien rehab dan konstruksi agar kita bisa menghidupkan kegiatan perekonomian," ujar Basuki, di Disaster Risk Financing and Insurance dalam rangkaian IMF-WB 2018, di BICC, Bali, Rabu (10/10/2018).

Baca juga: Diguncang Bencana Setiap Tahun, Kerugian Negara Capai Rp126,7 Triliun

Basuki juga mengakui harus ada perubahan alokasi untuk  90% dari bantuan internasional diberikan untuk melaksanakan emergency respon. Kemudian ada dana yang diberikan untuk pencegahan bencana dan kesiapan menanggapi respon bencana itu hanya 10%.

"Tugas kita untuk menggeser fokus kita sehingga kita bisa fokus terhadap disaster risk reduction seperti yang dikatakan oleh Ibu Sri Mulyani agar kesiapan kita lebih tinggi di atas 10% dan di sisi lain kita juga perlu mengurangi 90% pembiayaan untuk emergency response agar bangsa kita kurangi proporsinya," pungkasnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More