Forgot Password Register

Kata Polri Soal Kelanjutan Kasus Surat Suara Tercoblos di Malaysia

Kata Polri Soal Kelanjutan Kasus Surat Suara Tercoblos di Malaysia Ilustrasi surat suara (Foto: Antara/Novrian Arbi)

Pantau.com - Polisi Diraja Malaysia (PDRM) terus menyelidiki soal surat suara yang ditemukan dalam kondisi telah tercoblos di wilayah Selangor, Malaysia, beberapa waktu lalu.

Sehingga, dalam kasus itu saat ini tinggal menentukan pelanggaran sesuai dengan hukum yang berlaku di Malaysia.

"PDRM tentunya sudah melakukan analisa dari beberapa saksi tentu sudah dimintai keterangan. Tinggal konklusi terhadap pelanggaran perbuatan, perbuatan delik sesuai hukum Malaysia," ucap Karo Penmas DivHumas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (16/4/2019).

Baca juga: Gudang Surat Suara di Kuala Lumpur Dijaga Ketat Petugas Keamanan

Nantinya, setelah ditentukan konstruksi hukum sesuai dengan hukum yang berlaku, barulah pihak PDRM akan memberikan informasi kepada pihak Polri dan Bawaslu. 

Kemudian dari laporan itu, pihak Bawaslu memeriksa dan akan melakukan assessment untuk menentukan ada atau tidaknya pelanggaran Pemilihan Umum (Pemilu) dalam kasus itu.

"Nanti Bawaslu akan assessment juga apakah ada pelanggaran atau tindak pidana pemilu yang terjadi atau tidak. Tentu nanti akan dibahas, mengingat locus (lokasi) dan tempus delicti-nya (waktu) ada di yuridiksi Malaysia," papar Dedi.

Baca juga: KPU: Belum Ada Putusan Bawaslu Soal Surat Suara Tercoblos di Malaysia

Share :
Komentar :

Terkait

Read More