Forgot Password Register

Katanya Empeng Merusak Gigi Bayi, Benar Enggak Ya?

Katanya Empeng Merusak Gigi Bayi, Benar Enggak Ya? Ilustrasi empeng (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Pernah dengar mitos empeng atau botol susu dapat menganggu pertumbuhan gigi pada bayi? Eits, anggapan itu jelas salah besar.

Kebalikannya, menuruti Dokter Gigi Hananto Seno sekaligus Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), justru empeng atau dot memberi efek positif terhadap pertumbuhan gigi dan gusi pada anak.

"Karena itu kan karet, ada manfaat plusnya yaitu merangsang satu pertumbuhan gigi, merangsang (gigi). Kalau merangsang, pertumbuhan (gigi) agak lebih cepat, lebih bagus dibandingkan tidak (memakai dot)," ujar Hananto dalam konferensi pers peluncuran Indonesia Dental Exhibition & Conference (IDEC) di Hotel Atlet Century Park, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (14/11/2018).

Baca juga: Orangtua Harus Tahu, 3 Langkah Mencegah Gigi Anak Berlubang

Hananto menyarankan agar dot tidak memiliki efek negatif terhadap pertumbuhan gigi anak, maka diperlukan ketelatenan orang tua, yaitu membersihkan kembali gigi anak agar tidak ada sisa susu yang menempel yang dapat merusak gigi.

Karena saat ada plak-plak sisa susu pada gusi, maka pertumbuhan si gigi akan bermasalah atau terhalang. Memang, kesulitannya ada pada anak balita yang belum paham cara membersihkan atau menyikat gigi.

Baca juga: Anak Terlalu Banyak Makan Manis Bisa Mengakibatkan Gigi Reges

"Asalkan setelah minum susu atau dibersihkan ibunya pakai kain kasa, supaya tidak merusak," tuturnya.

"Seharusnya habis minum susu, dia buka saja pakai kaus supaya basah dibersihkan, atau dia ada air minum, air sebagai pembilas, baru pakai empeng, enggak masalah," lanjutnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More