Forgot Password Register

Ke Istana, Buwas Terima Catatan Stok Pangan dari Jokowi

Dirut Bulog Budi Waseso (Foto: Antara/Wahyu Putro A) Dirut Bulog Budi Waseso (Foto: Antara/Wahyu Putro A)

Pantau.com - Presiden Joko Widodo bersama Kepala Bulog Budi Waseso, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita membahas kesiapan persediaan bahan pangan.

"Kan besok sudah libur, beliau mengecek kesiapan kita di hari libur jangan sampai di dalam operasi dan stabilisasi harga ini jadi terabaikan gara-gara libur," kata pria yang akrab disapa Buwas ini, di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta pada Jumat (8/6/2018).

Menurut Budi, pengurus Bulog akan melakukan tugas jaga bergilir agar kegiatan penyediaan barang dan stabilisasi harga terus berjalan.

Baca juga: Ini Daftar Komplit Tarif Tol di Pulau Jawa, Pemudik Wajib Tahu!

Bulog akan mengevaluasi pasokan beras saat Idul Fitri 2018 usai lebaran. Daerah yang diperhatikan oleh badan tersebut adalah beberapa kota besar di Indonesia.

Untuk stok, Bulog memiliki beras lebih dari 1,5 juta ton.

"Sekarang masih stabil ya, seperti beras ini, daging juga. Daging stabil, stok kita banyak," jelasnya.

Sementara itu, Menteri Pertanian Amran menjelaskan fokus komoditas yang harus dijaga ketersediaannya adalah beras, ayam, telur, bawang merah, bawang putih dan daging.

Menurut penelusuran Antara, sejumlah harga bahan pangan seperti beras stabil bahkan turun di beberapa daerah.

Harga beras medium di Pasar Kebonsari, Pasar Tanjung, dan Pasar Kreongan Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur berkisar Rp9.000 hingga Rp9.500 per kilogram, sedangkan beras premium Rp11.000 hingga Rp12.000 per kilogram.

Beras premium di Pasar Batumerah, Pasar Mardika dan Pasar Gotong Royong Kota Ambon, Provinsi Maluku dijual dengan harga Rp13.500 per kilogram, beras Bulog Rp10.000, beras asal Namlea, Kabupaten Pulau Buru Rp10.000 per kilogram.

Baca juga: Wadaw! Survey Menyebutkan Orang China Lebih Suka Barang Impor?

Untuk harga telur ayam ras di Kabupaten Jember juga terus mengalami penurunan karena stok dari luar daerah juga sudah mulai berdatangan yakni dari Rp24.000 menjadi Rp20.000 per kilogram.

Harga telur ayam ras di Kota Ambon masih bervariasi, yakni Rp1.800 hingga Rp1.900 per butir tergantung ukuran, sedangkan harga telur ayam kampung Rp3.000 per butir.

Kemudian komoditas gula pasir di pasar Kabupaten Jember juga stabil di kisaran Rp11.000 hingga Rp11.500 per kilogram, kemudian minyak goreng curah berkisar Rp11.000 hingga Rp11.500 per kilogram, dan tepung terigu kualitas bagus Rp7.500 per kilogram.

Sementara gula pasir kristal putih di Pasar Batumerah, Pasar Mardika dan Pasar Gotong Royong Kota Ambon bervariasi mulai harga Rp13.000 hingga Rp13.500 per kilogram.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More